Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Obesitas atau kelebihan berat badan bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Penyebab umum obesitas adalah akibat konsumsi makanan mengandung kalori atau lemak tinggi.

Selain Kalori, Inilah Penyebab Lain Obesitas yang Wajib Dihindari

Begitu mengerikannya obesitas karena bisa menyebabkan berbagai gangguan, maka harus segera diatasi karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain akibat konsumsi makanan berkalori tinggi, ternyata ada beberapa penyebab lain dari obesitas yang wajib Anda ketahui sehingga bisa dicegah sejak dini, diantaranya:

1. Kurang Aktivitas Fisik

Asupan kalori yang tinggi ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas fisik akan membuat Anda mengalami obesitas. Sehingga, bisa diartikan bahwa aktivitas fisik sangatlah penting. Sayangnya, di zaman yang serba modern ini, aktivitas fisik sudah tidak diperlukan lagi. Misalnya, dulu sebelum ada teknologi, orang lebih banyak berjalan kaki jika pergi kemanapun. Namun saat ini berbeda, mereka lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Kebiasaan tersebut haruslah dirubah karena bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan.

2. Diet Buruk

Walaupun diet dilakukan ketika ingin menurunkan berat badan, namun jika salah dalam memilih metode diet maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Selain dapat menimbulkan risiko penyakit berbahaya, diet buruk juga bisa menyebabkan obesitas. Oleh sebab itu, hati hatilah dalam memilih program diet yang aman untuk tubuh. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalankan program diet yang diinginkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Faktor Genetik

Penyebab obesitas juga bisa terjadi akibat faktor internal, yakni faktor genetik. Jika Anda memiliki orang tua yang mengalami obesitas, maka kemungkinan besar Anda juga akan sulit menurunkan berat badan. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menurunkan berat badan. Jika usaha Anda sungguh-sungguh maka Anda akan berhasil mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi