Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kuku merupakan bagian dari anggota tubuh yang memiliki ukuran sangat kecil. Seringkali, kondisi kuku disepelekan oleh sebagian orang, padahal kuku bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang dalam keadaan tidak baik atau tengah terserang suatu penyakit. Sebagai contoh, mungkin Anda pernah mengalami kuku berubah warna menjadi menghitam, bukan?

Kuku Menghitam? Kenali Penyebabnya!

Biasanya, kuku menghitam terjadi akibat penggunaan sepatu atau sandal yang terlalu ketat. Namun, tidak hanya itu saja, pasalnya ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kuku berubah warna menjadi hitam. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Komplikasi

Penyebab dari kuku berubah warna menjadi hitam yang pertama adalah akibat beberapa komplikasi penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda. Umumnya, komplikasi dari beberapa penyakit tersebut diantaranya diabetes, anemia, dan penyakit jantung. Ketiga penyakit tersebut termasuk ke dalam penyakit berbahaya. Sebab, bukan hanya kuku saja yang bisa rusak dan menghitam, melainkan juga bisa mengancam nyawa Anda. Oleh sebab itu, perlu penanganan medis dengan segera agar komplikasi penyakit Anda bisa segera teratasi.

2. Cedera pada Jari Kaki

Selain akibat koplikasi dari beberapa penyakit, kuku berubah warna menjadi menghitam diakibatkan oleh cedera yang terjadi pada jari kaki, misalnya ketika Anda tanpa sengaja menjatuhkan benda berat ke jari kaki Anda. Sehingga, membuat kuku Anda menjadi hancur dan menghitam. Selain rusak dan menghitam, kuku Anda juga akan terasa sakit bila disentuh. Hal tersebut disebabkan karena dibagian bawah kuku mengalami pendarahan. Anda harus segera pergi ke dokter untuk mengobatinya agar tidak semakin memperburuk keadaan kuku dan jari kaki Anda.

3. Jamur

Kuku menghitam juga bisa diakibatkan oleh infeksi jamur. Seperti yang Anda tahu bahwa jamur bisa bersarang di tempat yang lembap. Ketika Anda memakai kaus kaki dan sepatu sepanjang hari, maka telapak kaki Anda akan menjadi lembap sehingga menjadi tempat yang cocok bagi jamur untuk berkembang biak. Jamur yang berkembang biak tersebut bisa menyebabkan infeksi dan membuat kuku Anda rusak dan menghitam.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi