Terbit: 13 Februari 2021 | Diperbarui: 25 Februari 2021
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Demi mencegah hal ini terjadi, Anda sebaiknya mengenali berbagai penyebab kolesterol tinggi dan cara mengatasinya berikut ini.

7 Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Seseorang didiagnosis memiliki kolesterol tinggi ketika kadar low-density lipoprotein (LDL) atau sering juga dijuluki “kolesterol jahat” dan kadar trigliserida yang tinggi dalam darah. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai faktor yang kebanyakan terkait dengan gaya hidup. Berikut adalah beberapa penyebab kolesterol tinggi:

1. Konsumsi Makanan

Makanan dapat dikatakan sebagai penyebab kolesterol tinggi yang paling umum. Konsumsi makanan tinggi kolesterol seperti daging merah dan produk olahan susu berlemak dapat meningkatkan kolesterol. Lebih buruk lagi jika Anda mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terkandung dalam makanan tidak sehat seperti produk olahan dan junk food.

2. Obesitas

Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) di atas 30 memiliki risiko tinggi kolesterol. Penyebab obesitas sendiri tentu saja berasal dari konsumsi makanan yang tidak diatur dengan baik dan juga kurangnya aktivitas fisik.

3. Kurang Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang seharusnya kita lakukan dengan rutin untuk memelihara kesehatan secara umum. Dengan berolahraga, kadar high-density lipoprotein (HDL) atau “kolesterol baik” dapat meningkat sehingga bahaya LDL pun dapat berkurang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Merokok

Rokok memengaruhi banyak organ dalam tubuh, salah satunya pembuluh darah yang kemudian berpengaruh terhadap kolesterol. Dinding pembuluh darah dapat rusak akibat merokok. Hal ini membuat penumpukan kolesterol di pembuluh darah lebih mudah terjadi. Selain itu, merokok juga dipercaya dapat menurunkan HDL.

5. Usia

Seiring bertambahnya usia, kimiawi dalam tubuh berubah dan risiko kolesterol tinggi juga meningkat. Salah satu penyebabnya adalah seperti kemampuan hati untuk menghilangkan kolesterol LDL semakin menurun sehingga banyak LDL yang tersisa dalam tubuh.

6. Riwayat Keluarga

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang sama. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kadar kolesterol ketika memiliki keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

7. Kondisi Medis Lainnya

Penyebab kolesterol tinggi yang terakhir adalah kondisi medis lain seperti diabetes, penyakit ginjal, atau hipotiroidisme. Kondisi-kondisi ini memiliki potensi untuk memengaruhi proses tubuh dalam mengontrol kolesterol, sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat lebih tinggi dibanding kondisi normal.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Faktor paling umum penyebab kolesterol tinggi terkait dengan gaya hidup. Jika benar seperti ini, tentunya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seharusnya dapat menjadi cara menurunkan kadar kolesterol.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

  • Menurunkan berat badan. Pengaturan pola makan dan juga olahraga secara rutin dapat membantu mewujudkan berat badan ideal. Penurunan berat 2-4 kg juga sudah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Konsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga biji-bijian yang merupakan makanan yang sehat untuk jantung. Lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, alpukat, dan ikan berminyak juga dapat menjadi sumber lemak sehat.
  • Hindari makanan tidak sehat. Setelah memperbanyak konsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk mengurangi makanan tidak sehat seperti makanan olahan, daging merah, dan produk susu full fat.
  • Olahraga teratur. Disarankan untuk olahraga paling tidak 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu untuk dapat menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan secara umum.
  • Hindari rokok. Carilah cara untuk dapat berhenti merokok dan pastikan Anda tidak menjadi perokok pasif.
  • Konsumsi suplemen. Mengonsumsi suplemen penurun kolesterol juga dapat menjadi pilihan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Pilihlah suplemen dari bahan alami yang tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Nah, itu dia penyebab kolesterol tinggi dan cara mengatasinya yang dapat Anda terapkan. Jika kondisi berlanjut, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Beli obat Kolesterol aman dan asli di sini!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi