Terbit: 12 Agustus 2018 | Diperbarui: 29 Desember 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ketiak hitam tentu saja membuat setiap pemiliknya tidak percaya diri, apalagi jika harus menggunakan pakaian terbuka yang memperlihatkan ketiak. Tentunya Anda akan merasa kesulitan untuk menutupi ketiak hitam tersebut.

4 Penyebab Ketiak Hitam yang Sering Tidak Disadari!

Ada banyak sekali penyebab ketiak menghitam mulai dari hormon, kelainan tubuh yang disebut dengan acanthosis nigricans, hingga masalah hiperpigmentasi kulit. Masalah-masalah tersebut berasal dari dalam tubuh dan tentunya juga harus diatasi dengan pengobatan yang sesuai.

Namun di luar faktor-faktor tersebut, ternyata penyebab ketik hitam justru kebanyakan berasal dari faktor luar tubuh yang terkadang tidak kita sadari. Kebiasaan yang kita anggap sepele namun kita lakukan terus-menerus tanpa sadar membuat ketiak kita semakin menghitam setiap harinya.

Penyebab Ketiak Hitam

Sebelum Anda mencari solusi untuk mengatasi ketiak hitam Anda, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab ketiak hitam Anda.

Berikut adalah 4 penyebab ketiak hitam yang jarang disadari!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

1. Penggunaan produk yang salah

Sebagian besar orang yang sudah terbiasa menggunakan deodorant pasti akan menjadikan deodorant sebagai kebutuhan wajib untuk sehari-hari. Semua jenis deodorant dalam bentuk apapun memiliki klaim yang sama yaitu membantu mencegah keringat berlebih dan juga bau badan.

Siapa sangka deodorant yang kita jadikan andalan justru memberikan efek samping ketiak hitam. Seperti yang kita ketahui deodorant banyak mengandung bahan kimia. Penggunaan deodorant yang salah dan tidak cocok dengan kulit kita bisa menimbulkan reaksi seperti gatal dan iritasi. Hal ini lah yang tanpa kita sadari lama-kelamaan membuat kulit kita menghitam.

Selain penggunaan deodorant yang tidak tepat, penggunaan sabun yang salah juga bisa menyebabkan iritasi pada ketiak sehingga menyebabkan ketiak hitam

2. Penumpukan sel kulit mati

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, penumpukan sel kulit mati akan membuat kulit jadi berwarna lebih gelap.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada ketiak Anda. Ditambah lagi Anda menggunakan deodorant setiap hari. Penumpukan sisa produk yang bercampur dengan kotoran, debu, dan keringat tentunya akan memicu terjadinya penumpukan sel kulit mati jika tidak secara rutin dibersihkan.

3. Kebiasaan mencukur yang salah

Keberadaan bulu ketiak juga biasanya membuat orang tidak percaya diri sehingga banyak orang yang memiliki kebiasaan rutin mencukur bulu ketiak.

Apakah Anda sudah memastikan cara mencukur Anda sudah benar? Banyak orang yang asal saja ketika mencukur bulu ketiak, Kebiasaan mencukur ketiak yang salah juga lagi-lagi dapat menyebabkan iritasi yang berujung pada ketiak hitam.

4. Baju yang terlalu ketat

Penyebab ketiak hitam selanjutnya adalah pakaian yang terlalu ketat. Selain kurang nyaman untuk digunakan dan membuat Anda sulit untuk bergerak, pakaian yang terlalu ketat juga bisa menimbulkan gesekan pada kulit yang akan membuat ketiak hitam.

Baca Juga : Ketiak Hitam? Pemutih Alami Siap Menghilangkannya

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Pada dasarnya penyebab ketiak hitam yang utama adalah karena bagian kulit ketiak yang sensitif sehingga mudah terkena iritasi. Apakah ketiak hitam bisa kembali menjadi cerah? Tentu saja bisa. Anda hanya harus mengubah kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan sebelumnya dan juga merawat ketiak Anda dengan lebih baik.

Berikut adalah tips untuk mengatasi ketiak hitam yang bisa Anda terapkan!

  • Perhatikan setiap produk yang Anda gunakan. Produk deodorant yang bisa menjadi pemutih ketiak juga belum tentu cocok untuk Anda. Hentikan penggunaan deodorant ataupun sabun yang menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda.
  • Scrubbing juga bisa menjadi langkah pemutih kulit. Ketika melakukan scrubbing pada tubuh, jangan lupa untuk scrubbing pada bagian ketiak juga. Tapi pastikan Anda tidak menggosok ketiak kasar.
  • Basuh ketiak dengan air hangat dan gunakan krim pencukur setiap akan mencukur ketiak agar ketiak tidak iritasi.
  • Gunakan masker pemutih ketiak dari bahan alami seperti jus lemon, campuran minyak kelapa dan kulit jeruk, yogurt dan susu, atau campuran madu dan mentimun. Gunakan masker secara rutin paling tidak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
  • Anda juga bisa menggunakan krim pemutih ketiak sebagai cara yang lebih praktis, tapi jangan lupa untuk tetap memerhatikan kandungan-kandungan dalam produk tersebut.
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat terutama ketika Anda sedang beraktivitas berat dan banyak bergerak.

Itu dia penyebab ketiak hitam dan cara mengatasi ketiak hitam yang bisa Anda coba. Yuk, mulai ubah kebiasaan-kebiasaan penyebab ketiak hitam dan mulai rawat ketiak dengan benar!

 

Sumber:

  1. Khorsandi, Jessica. 2019. 4 Reasons Your Underarms Look Dark. https://www.skincare.com/article/what-causes-dark-underarms. (Diakses 29 Desember 2019).
  2. Leonard, Jayne. 2018. Ways to get rid of dark underarms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php. (Diakses 29 Desember 2019).
  3. Watson, Stephanie. 2017. What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?. https://www.healthline.com/health/dark-underarms. (Diakses 29 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi