Simak, Inilah Hal Utama yang Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan serta bentuk tubuh yang ideal? Tentu saja semua orang menginginkan hal itu, terutama wanita. Maka tak heran jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh ideal, salah satunya adalah dengan diet.

Karena begitu tingginya keinginan untuk mendapat bentuk serta bobot tubuh yang ideal, mereka pun rela melakukan diet yang beragam, mulai dari diet kalori, diet karbohidrat, diet keto, diet vegan, dan masih banyak lainnya. Tidak berhenti sampai situ saja, mereka juga akan menyempurnakannya dengan olahraga yang dilakukan secara teratur dan konsisten.

Akan tetapi, kadang kala usaha mereka kerap tidak membuahkan hasil. Bahkan, kenaikan berat badan seringkali mereka alami akibat diet salah yang mereka lakukan tersebut. Tidak hanya itu saja, diet yang dilakukan juga memicu kenaikan berat badan karena pola makan yang salah, misalnya melewatkan sarapan, makan sekali dalam porsi yang besar, dan ngemil di malam hari.

Sebagian besar orang percaya bahwa penyebab utama dari kenaikan berat badan adalah karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Aberdeen menyebutkan fakta yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa penyebab utama dari kenaikan berat badan adalah akibat konsumsi makanan berlemak.

Penelitian tersebut dilakukan pada objek tikus yang disuguhkan 29 macam makanan berbeda yang mengandung lemak, karbohidrat, gula, dan protein. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa tikus yang mengonsumsi lemaklah yang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Walaupun penelitian tersebut dilakukan pada tikus, namun juga bisa diterapkan pada manusia karena tikus memiliki kesamaan fisiologi dan metabolisme yang sama dengan manusia.

Dengan hasil penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa anggapan penyebab utama kenaikan berat badan adalah kalori, tidaklah sepenuhanya benar. Akan tetapi, kenaikan berat badan dipicu karena terlalu sering makanan berlemak dan jarang mengonsumsi buah-buahan sebagai penggerus lemak tersebut.