Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perut kembung adalah hal yang sering dialami oleh anak-anak. Perut kembung sebenarnya tidak berbahaya, namun anak-anak bisa merasa tidak nyaman untuk beraktivitas karena kondisi tersebut. Apa saja penyebab perut kembung pada anak dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab Kembung pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab perut kembung pada anak

Meskipun tampak sepele, namun Anda perlu tahu penyebab kembung pada anak dan cara mengatasinya. Biasanya perut kembung pada anak disebabkan karena anak terlalu banyak menelan udara. Anak-anak yang makan sambil menonton televisi, berlari dalam ruangan dan anak yang tidak mengunyah makanan dengan baik umumnya berisiko untuk mengalami perut kembung.

Selain dari aktivitas dan cara makan yang kurang baik, makanan juga dapat menyebabkan perut anak menjadi kembung. Beberapa makanan yang menyebabkan perut kembung antara lain kubis, lobak, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, apel dan bawang. Beberapa jenis minuman pun dapat menyebabkan kembung seperti produk susu atau minuman yang mengandung laktosa.

Mengatasi perut kembung pada anak

Berikut ini tips mengatasi perut kembung pada anak yang bisa Anda coba di rumah:

1. Hindari minuman yang dapat menyebabkan perut kembung
Minuman yang bersoda umumnya mengandung pemanis yang menyebabkan perut kembung. Selain itu jus buah juga mengandung sukrosa dan fruktosa, sejenis gula yang dapat memicu terbentuknya gas di saluran pencernaan anak. Sebaiknya hindari kedua jenis minuman tersebut ketika perut si kecil kembung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Hindari makanan penyebab perut kembung
Selain makanan seperti kubis, lobak, bawang dan brokoli yang dapat menyebabkan perut kembung, makanan berlemak juga dapat membantu meningkatkan produksi gas dalam pencernaan.

3. Perbanyak minum air putih

Air putih sebenarnya tidak dapat membantu mengurangi masalah gas pada saluran pencernaan anak, namun air putih dapat membantu melancarkan sistem perncernaan.

4. Biasakan anak untuk mengunyah makanan
Salah satu penyebab perut kembung adalah cara mengunyah makanan yang kurang tepat. Biasakan mengunyah makanan dengan santai dan tidak terburu-buru, baru kemudian menelan makanan. Setelah makan, sebaiknya tidak segera jalan atau berlari.

5. Oleskan minyak di perut

Untuk membantu mengeluarkan gas di perut, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih atau minyak yang memiliki efek menghangatkan tubuh di bagian perut si kecil. Cara ini dapat membantu meredakan kembung. Selain minyak, Anda juga bisa menggantinya dengan kompres air hangat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi