Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar sebuah anggapan yang mengatakan bahwa memiliki anak kedua tidak semudah anak pertama? Hal ini telah dipercaya begitu lama oleh kebanyakan orang. Pasalnya, tak sedikit yang merasakan hal tersebut, mereka sangat sulit untuk mendapatkan anak kedua daripada anak pertama.

4 Penyebab Kemandulan Sekunder pada Suami

Kira-kira, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Ada sebuah penelitian terbaru yang mengatakan bahwa hal itu bisa disebabkan oleh kamandulan sekunder pada pria. Dikarakan sekunder karena sebelumnya dalam kondisi subur. Lantas, setelah bertambah usia, kemandulan sekunder itu muncul. Bisa juga disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang tak benar.

Namun, lebih dari itu, berikut adalah beberapa penyebab kemandulan sekunder pada pria.

1. Pembengkakan Testis

Walaupun jumlahnya sedikit, tapi kemandulan sekunder pada pria sudah mencapai angka 20 persen. Dari jumlah tersebut, ditemui bahwa beberapa diantaranya mengalami pembengkakan pada testis. Akibatnya, testis menjadi naik suhunya sehingga menurunkan jumlah dan kualitas sperma yang berisiko menjadikan kemandulan sekunder.

2. Kelainan Darah

Hal lain yang menyebabkan kemandulan sekunder adalah terjadi kelainan pada darah. Sebab, ada beberapa kelainan darah yang bisa menyebabkan zat besi di dalam darah menjadi tinggi. Akibatnya, organ dalam dapat rusak secara bertahap. Kelainan ini pun menjadi sebuah masalah besar bagi reproduksi pria.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Stres

Faktor selanjutnya adalah karena stres. Seperti diketahui, stres bisa membuat hormon menjadi kacau sehingga produksi sperma pun berkurang. Selain itu, stres juga bisa menurunkan gairah seksual sehingga Anda akan menjadi malas berhubungan intim dengan pasangan. Untuk itu, kelola stres dengan baik dengan rileksasi ataupun olahraga.

4. Kebiasaan Merokok dan Alkohol

Bukan menjadi rahasia lagi jika rokok dan alkohol merupakan produk berbahaya yang mengandung segudang senyawa kimia. Sampai saat ini, pakar kesehatan menganggap bahwa rokok dan alkohol merupakan penyebab utama kemandulan, baik bagi pria maupun wanita. Oleh karenanya, kemandulan sekunder bisa terjadi akibat penggunaan dua produk berbahaya ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi