Terbit: 8 Mei 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja


Munculnya kantung mata adalah kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini biasanya hanya terkait masalah kosmetik dan jarang merupakan kondisi medis yang serius. Selain usia, hal-hal apa saja yang bisa menjadi penyebab kantung mata? Bagaimana cara menghilangkan kantung mata? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

penyebab-kantung-mata-doktersehat

Penyebab Kantung Mata

Seiring bertambahnya usia, struktur jaringan dan otot yang mendukung kelopak mata mulai melemah. Kondisi ini membuat kulit di sekitar mata bisa melorot dan lemak yang biasa hanya terbatas pada area sekitar mata (orbit) dapat bergerak ke area di bawah mata.

Berikut ini adalah berbagai kondisi lain yang bisa menjadi penyebab kantung mata, di antaranya:

1. Kurang Tidur

Penyebab kantung mata yang paling umum adalah kurangnya waktu tidur. Saat Anda kurang tidur, peredaran darah di dalam tubuh tidak mengalir dengan baik. Kondisi ini membuat darah terkumpul di bawah mata menjadi terlihat karena kulit di area ini sangat tipis.

2. Retensi Cairan

Penyebab kantung mata berikutnya bisa disebabkan karena retensi cairan. Retensi cairan sendiri dikarenakan berbagai kondisi seperti baru bangun tidur, usai mengonsumsi makanan asin, perubahan cuaca, atau kadar hormon. Perubahan kadar hormon dari haid dan kehamilan bisa menyebabkan hal ini.

3. Alergi

Banyak orang tidak menyangka bahwa penyebab kantung mata hitam adalah alergi. Saat tubuh mengalami alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai respons terhadap bakteri berbahaya. Selain menyebabkan gejala seperti gatal, kemerahan, dan mata bengkak, histamin juga menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat di bawah kulit.

4. Merokok

Salah satu penyebab kerusakan kulit adalah paparan asap rokok. Kandungan di dalamnya dapat memecah produksi kolagen dan membunuh sel-sel sehat. Selain menjadi penyebab kantung mata hitam, kebiasaan ini mempercepat proses penuaan dengan munculnya kerutan.

Selain itu, merokok juga dapat membuat mata berair sehingga memicu terjadinya kantung mata.

5. Keturunan

Riwayat keluarga yang memiliki kondisi ini ternyata juga bisa menjadi penyebab kantung mata. Kondisi ini bisa menjadi sifat bawaan yang terlihat di masa anak-anak dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Predisposisi terhadap kondisi medis lainnya seperti penyakit tiroid juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

6. Dehidrasi

Penyebab kantung mata hitam lainnya juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang cukup, kulit di bawah mata dapat terlihat kusam dan menyebabkan mata terlihat cekung.

7. Paparan Sinar Matahari

Meski sinar matahari bisa bermanfaat bagi kesehatan, paparan yang berlebihan bisa membuat tubuh untuk memproduksi melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang secara alami memberi warna pada kulit.

Terlalu banyak paparan sinar matahari, terutama pada bagian mata, dapat menyebabkan pigmentasi kulit di sekitarnya menjadi gelap.

8. Ketegangan Mata

Menatap televisi, layar komputer, atau gawai dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata. Kondisi ini bisa membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata bisa menjadi hitam.

9. Stres

Penyebab kantung mata yang terakhir adalah stres. Stres sendiri juga bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi tubuh. Oleh karenanya, agar kantung mata tidak terbentuk, Anda perlu mengontrol stres dan usahakan tubuh untuk tetap rileks.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab kantung mata seperti di atas, hal penting berikutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara menghilangkannya. Perawatan bisa dilakukan di rumah dan perubahan gaya hidup dapat membantu menghilangkan kantung mata. Perawatan medis dilakukan jika Anda khawatir mengenai perubahan penampilan.

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cara alami atau dengan bantuan medis, di antaranya:

Perawatan Rumahan

Terdapat beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu mengelola kondisi ini. Beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata dengan metode rumahan yang bisa dicoba adalah menggunakan kompres dingin. Kompres dingin membantu mengurangi pembengkakan, mengecilkan pembuluh darah yang membesar, dan membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Kompres dingin bisa dilakukan dengan membungkus es batu dengan handuk bersih, kemudian menempelkan ke area yang mengalami pembengkakan. Selain itu, Anda juga bisa membasahi lap dengan air dingin kemudian menempelkannya di bawah mata selama 20 menit.

  • Meningkatkan Waktu Tidur

Salah satu penyebab kantung mata adalah karena kurangnya waktu tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga membuat lingkaran hitam terlihat lebih jelas. Cara menghilangkan kantung mata termudah yang bisa dilakukan adalah dengan tidur selama tujuh sampai delapan jam sehari.

  • Posisi Tidur

Selain waktu tidur yang bisa menjadi penyebab kantung mata hitam, ternyata posisi tidur juga bisa menyebabkan kondisi ini. Oleh karena itu, cara menghilangkan kantung mata yang bisa dilakukan adalah meninggikan bantal agar cairan tidak tertahan di bawah mata, kondisi yang bisa membuat mata membengkak.

  • Kantong Teh

Cara menghilangkan kantung mata dengan cara alami berikut ini cukup populer di kalangan masyarakat yaitu menggunakan kantong teh. Caranya cukup mudah, rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama 3 menit. Setelah itu, biarkan dingin di dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit.

Setelah dingin, tempelkan kantong teh di area yang membengkak atau menghitam selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu bilas mata dengan air dingin.

  • Menggunakan Make Up

Jika beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam di atas tidak menghilangkan kondisi, cara cepat yang bisa dilakukan adalah dengan make up. Concealer dapat menutupi tanda gelap sehingga berbaur dengan warna kulit di sekitarnya.

Seperti halnya dengan perawatan topikal atau produk rias, pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Beberapa produk dapat menyebabkan gejala memburuk dan dapat memicu reaksi alergi.

Perawatan Medis

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara menghilangkan kantung mata rumahan seperti di atas dan tidak menunjukkan hasil yang optimal, sepertinya Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih solusi yang lebih permanen.

Berikut adalah cara menghilangkan kantung mata dengan cara medis yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Terapi

Beberapa perawatan medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bengkak adalah laser resurfacing, chemical peel, dan fillers dapat meningkatkan warna kulit dan mengencangkan kulit.

  • Operasi Kelopak Mata

Tergantung pada apa yang menjadi penyebab kantung mata, operasi kelopak mata (blepharoplasty) mungkin menjadi pilihan perawatan. Prosedur ini dilakukan dengan membuang lemak berlebih melalui sayatan di lipatan alami kelopak mata atas atau di dalam kelopak bawah. Setelah itu, dokter akan menutup bekas sayatan dengan jahitan yang sangat kecil.

Selain memperbaiki kantung di bawah mata, blepharoplasty juga dapat memperbaiki:

  • Kelopak mata atas yang longgar atau bengkak
  • Kelebihan kulit pada kelopak mata atas yang mengganggu penglihatan
  • Kelopak mata bawah yang turun
  • Kelebihan kulit pada kelopak mata bagian bawah

Meski komplikasi adalah sesuatu yang jarang terjadi, penting untuk membicarakan efek samping yang mungkin terjadi dari operasi kelopak mata dengan dokter.

 

  1. Anonim. Bags under eyes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/sy. (Diakses pada 8 Mei April 2020).
  2. Anthony, Kiara. 2018. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes. (Diakses pada 8 Mei April 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi