Tak Diduga, Inilah 4 Penyebab Jerawat di Punggung

doktersehat-lemak-punggung

DokterSehat.Com– Jerawat adalah salah satu masalah yang cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, kemunculan jerawat tak hanya menurunkan penampilan seseorang saja, tapi juga disertai rasa sakit serta sensasi panas layaknya terbakar. Walaupun umumnya tumbuh di wajah, tapi tak menutup kemungkinan juga jerawat bisa tumbuh bagian lain, salah satunya adalah punggung.

Jika pada wajah, jerawat bisa muncul karena produksi minyak berlebih serta dari kotoran debu. Sehingga untuk mencegahnya, Anda harus selalu menjaga kelembapan serta kebersihan wajah agar tidak muncul jerawat. Namun, bagaimana dengan jerawat yang muncul di punggung? Apa yang menyebabkan kemunculannya begitu tiba-tiba dan sangat membandel?

Dilansir dari laman Popsugar, ada beberapa penyebab kemunculan jerawat pada punggung seseorang. Adapun penyebabnya sebagai berikut:

1. Air Mandi

Jerawat pada punggung bisa terjadi jika Anda terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Pasalnya, air hangat bisa membuat kulit menjadi kering sehingga lebih rawan iritasi serta tumbuh jerawat. Selain itu, jika air hangat bercampur pada senyawa kimia pada produk mandi (sabun atau sampo), maka akan menghasilkan zat yang tertinggal dan memicu tumbuhnya jerawat.

2. Handuk

Kemunculan jerawat pada punggung juga bisa dikarenakan dari penggunaan handuk. Apalagi jika Anda tidak pernah mengeringkan handuk dengan sinar matahari. Sebab, handuk yang lembap dan selalu disimpan di dalam, akan menghasilkan bakteri serta penyakit yang bisa berpindah ke tubuh. Akibatnya punggung Anda pun akan muncul jerawat yang membandel dan sulit dihilangkan.

3. Penggunaan Detergen

Detergen memang penting untuk mencuci baju. Sebab, detergen bisa mengilangkan noda serta kotoran yang membandel. Tapi, penting juga diketahui, setelah pakaian dicuci menggunakan detergen, alangkah baiknya agar segera dibilas sebersih mungkin sampai tidak ada yang tersisa sedikitpun. Sebab, bekas sisa detergen tersebut ternyata bisa merangsang kemunculan dari jerawat pada punggung Anda.

4. Seprai

Tanpa disadari, seprai yang Anda gunakan setiap hari ternyata telah mengandung bakteri, minyak, sel mati, debu, kotoran, dan material lainnya yang bisa mengancam kesehatan kulit. Maka dari itu, ada pentingnya jika Anda rutin mencuci seprai minimal 1 minggu sekali untuk terhindar dari ancaman tersebut. Sebab, salah satu penyebab kemunculan jerawat adalah karena seprai yang jarang ganti.