Terbit: 28 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara tentang jerawat, memang cukup menyebalkan. Sebab, jerawat merupakan masalah yang bisa membuat penampilan seseorang menjadi berkurang. Bagaimana tidak, jerawat yang muncul pada muka tentu saja cukup mengganggu sehingga tak enak dipandang.

Muncul Jerawat di Ketiak? Inilah Penyebabnya

Selain itu, jerawat juga kadang memberikan efek yang tidak nyaman, seperti sakit dan sensasi panas jika terkena sentuhan. Oleh karenanya, banyak yang sangat membenci ketika jerawat sudah mulai muncul.

Tahukah Anda bahwa jerawat tidak hanya bisa muncul pada wajah? Ya, jerawat bisa tumbuh pada semua bagian tubuh, tak terkecuali ketiak. Jerawat yang muncul pada ketiak memang tidak menganggu penampilan, tapi bisa menyebabkan rasa tak nyaman yang luar biasa.

Oleh karena itu, simak beberapa penyebab jerawat di ketiak berikut ini:

1. Menggaruk

Mungkin kebiasaan ini seringkali Anda lakukan, apalagi saat ketiak gatal. Menggaruk ketiak yang gatal memang nikmat, tapi perlu dengan kelembutan dan jangan terlalu keras. Ketika Anda menggaruk terlalu keras dan sampai lecet, bisa memberi ruang masuk bakteri. Ketika bakteri sudah masuk, maka inilah penyebab jerawat di ketiak yang tak disadari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Salah Pilih Deodorant

Menggunakan deodorant memang penting untuk mengurangi bau ketiak. Namun, Anda juga harus memerhatikan jenis kulit. Tidak semua produk deodorant cocok bagi kulit Anda. Ketika tidak cocok, bisa menyebabkan iritasi dan lahirlah jerawat di ketiak yang membandel.

3. Bulu Terlalu Lebat

Penyebab jerawat di ketiak yang selanjutnya adalah bulu yang terlalu lebat. Sebab sering terjadi, bulu ketiak yang terlalu lebat akan memberikan gesekan yang cukup kuat sehingga berisiko menimbulkan luka. Sehingga luka itulah yang akan menyebabkan datangnya jerawat secara bertahap.

4. Lemak Berlebih

Hal ini perlu diperhatikan dan jangan pernah disepelekan. Jika Anda merasa memiliki lemak berlebih pada bagian lengan, terutama ketiak, maka Anda harus segera mencari solusinya. Sebab, lemak menumpuk tidak hanya membuat aliran darah tersumbat, tapi juga jadi penyebab jerawat di ketiak yang sulit dihilangkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi