DokterSehat.Com -Nyeri yang terjadi pada tubuh bisa muncul di mana saja. Yang paling umum dan sering adalah nyeri yang terjadi di kepala. Sakit kepala atau migrain sering menyebabkan nyeri dengan derajat sakit yang berbeda-beda. Selanjutnya nyeri di punggung dan pinggang juga kerap muncul akibat gangguan organ dalam atau Anda sedang kelelahan.

nyeri-di-tangan-doktersehat

Selain nyeri yang terjadi di dua bagian tubuh itu, kita juga bisa nyeri di kaki dan tangan. Lebih spesifik lagi di otot yang ada di sini akibat terkilir atau habis melakukan latihan di gym dengan instan. Terakhir, rasa sakit juga bisa terjadi pada jari-jari tangan sehingga Anda susah menggunakannya untuk bekerja.

Penyebab nyeri pada jari tangan

Penyebab nyeri pada jari tangan ada banyak. Anda bisa mengalami salah satu dari masalah di bawah ini dan tidak menyadarinya. Perhatikan baik-baik gejala spesifik yang dimunculkan agar Anda tidak salah menanganinya.

  1. Sindrom Carpal Tunnel

Pernahkah Anda mengalami tangan seperti mati rasa dan sakit saat disentuh. Kondisi ini disebut dengan sindrom carpal tunnel. Seseorang dengan kondisi ini akan sering mengalami sakit di tangannya saat digunakan terlalu sering atau saat tidur dan tertindih. Butuh waktu lama untuk membuat tangan menjadi normal kembali.

Oh ya, kondisi ini berbeda dengan kesemutan yang sering kita alami. Kalau kesemutan, kita bisa merasakan tangan kembali normal dan tidak sakit lagi setelah beberapa saat. Kalau sindrom carpal tunnel tidak demikian, rasa sakitnya di tangan tetap akan muncul dan membuat seseorang tidak nyaman karena tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

  1. Compression neuropathy

Hal lain yang menyebabkan nyeri pada tangan adalah kompresi atau tekanan pada saraf yang terlalu kuat. Di area tangan ada banyak sekali saraf yang bekerja untuk menerima rangsangan. Sayangnya pada kondisi tertentu, saraf tidak bisa digunakan lamaran tertekan akibat tubuh melakukan suatu hal dengan berulang-ulang.

Kondisi ini akan susah diatasi kalau seseorang tidak mengubah gaya hidupnya atau kebiasaan saat bekerja atau beraktivitas. Misal seseorang sering sekali beraktivitas di tempat duduk dengan posisi tangan tidak benar. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada saraf. Selanjutnya seseorang dengan kondisi obesitas lebih mudah mengalami masalah ini ketimbang mereka yang berat badannya normal.

  1. Peripheral neuropathy

Gangguan saraf ini terjadi pada bagian peripheral. Bagian ini digunakan untuk membantu menerima sinyal rangsangan dari seluruh tubuh. Kalau sinyal tidak bisa diterima dengan baik, seseorang akan mengalami mati rasa hingga rasa sakit di beberapa bagian tubuh termasuk di tangan.

Kondisi ini muncul karena beberapa sebab seperti diabetes yang sudah terlalu parah. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga menyebabkan saraf jari rusak. Selanjutnya ada gangguan pada ginjal dan hati, kecelakaan atau cedera, hipotiroidisme, dan yang terakhir adalah genetik. Kondisi ini bisa diturunkan dari orang tua ke anak.

  1. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah sindrom yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh termasuk di dalamnya nyeri pada tangan. Selain masalah nyeri pada tubuh, penderita penyakit ini juga akan sering mengantuk, lelah berlebihan, gangguan kemampuan berpikir, dan gangguan pada ingatan seperti mudah pikun dan pelupa. Orang dengan gangguan ini akan lebih mudah mengalami sindrom carpal tunnel dibandingkan mereka yang normal.

  1. Myofascial pain syndrome

Sindrom ini secara spesifik menyebabkan rasa nyeri pada otot khususnya di telapak tangan dan juga jari. Rasa nyeri terasa cukup intens dan membuat seseorang tidak nyaman dalam menjalankan aktivitasnya. Saat ini penyembuhan dan perawatan sindrom nyeri ini sudah tersedia di luaran sana.

  1. Pengaruh obat

Beberapa jenis obat juga menyebabkan rasa nyeri dan kesemutan di tangan. Obat yang menyebabkan masalah ini biasanya digunakan untuk mengatasi atau terapi kanker. Zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan gangguan pada jari tangan secara sementara atau juga permanen. Banyak dan sedikitnya obat yang digunakan untuk mengatasi masalah ini memberikan andil yang besar.

Rasa nyeri yang terjadi pada tangan tidak datang begitu saja setelah terapi kanker dilakukan. Menurut American Cancer Society, kondisi nyeri ini dipicu oleh peripheral neuropathy yang telah disebutkan sebelumnya. Selama dosis yang diberikan sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan kondisi seperti ini tidak akan terjadi.

  1. Gangguan lainnya

Selain enam masalah yang telah dibahas sebelumnya, rasa nyeri pada tangan yang sering muncul dengan sendirinya juga disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B1. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan persendian di tubuh khususnya di tangan terasa sangat sakit dan juga menyiksa.

Selanjutnya multiple sclerosis yang merupakan penyakit autoimun juga menyebabkan jadi di tangan terasa sakit. Meski penyakit ini umum terjadi pada wanita, pria pun juga bisa mengalaminya juga. Area jari akan diserang oleh sel imun karena menganggap area itu ada gangguan. Kondisi ini biasanya muncul tidak hanya sekali dua kali.

Selanjutnya yang terakhir adalah pernah mengalami stroke sebelumnya. Meski kondisi tubuh pernah membaik, jari tangan akan mengalami sakit meski sesekali saja. Selain stroke, gangguan pada otak dan juga sumsum tulang belakang juga memicu kondisi sakit di tangan. Gangguan di otak menyebabkan saraf terganggu termasuk saraf di tangan.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan masalah pada jari tangan seperti rasa nyeri yang sangat kuat dan membuat Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Semoga setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, Anda bisa mengetahui masalah pada tangan dan mengatasinya sesuai dengan gejala yang dialami.