Waspada, Inilah 4 Penyebab Impotensi yang Sering Diabaikan

doktersehat vonis impotensi

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan organ intim adalah kewajiban bagi setiap orang. Pasalnya, organ intim tergolong sebagai salah satu organ yang sangat sensitif dan mudah terserang berbagai macam gangguan serta penyakit.

Bagi wanita, ada berbagai macam gangguan organ intim yang sering menyerng, mulai dari keputihan, aroma tak sedap, hingga gatal-gatal. Begitu pula bagi pria, ada begitu banyak masalah kelamin yang bisa dialami jika tak mampu menjaga dengan baik. Adapun satu masalah yang cukup ditakuti adalah impotensi.

Ya, impotensi merupakan masalah kejantanan yang sangat ditakuti oleh setiap pria. Bagaimana tidak, seorang pria yang mengalami impotensi akan menjadi tak percaya diri di hadapan pasangannya. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa impotensi merupakan salah satu penyebab terjadinya keretakan rumah tangga. Oleh karenanya, setiap pria harus menjaga kesehatan organ intimnya secara baik.

Adapun beberapa penyebab impotensi adalah sebagai berikut:

1. Kebiasaan Merokok

Rokok adalah produk tembakau yang telah diformulasikan dengan berbagai macam bahan kimia di dalamnya. Maka tak heran jika begitu banyak larangan merokok dari pakar kesehatan. Selain bisa menyebabkan kematian, merokok pun bisa membuat impotensi akibat senyawa dan racun yang dikandungnya.

2. Minum Soda dan Alkohol

Soda dan akholol memang memiliki rasa yang menggugah selera. Selain itu, kedua minuam ini juga bisa memberikan kesegaran sehingga membuat seseorang menjadi ketagihan. Tapi, di balik itu semua, soda dan alkohol bisa membunuh Anda secara perlahan. Pasalnya, dalam setiap gelas yang diteguk, aka nada ratusan sel mati, tak terkecuali sel kejantanan Anda.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan

Impotensi juga bisa dikarenakan penggunaan obat-obatan tertentu. Sebab, beberapa obat memang memiliki indikasi yang bisa melemahkan syahwat. Maka dari itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan petunjuk dokter. Alangkah baiknya Anda menuruti kata dokter agar terhindar dari efek samping obat tersebut.

4. Stres

Faktor lain yang bisa mengurangi kejantanan pria adalah psikologis. Dalam hal ini, lebih tertuju pada stres. Ya, stres bisa membuat kejantanan Anda menghilang begitu saja. Sebab, saat sedang stres, hormon testosteron dalam tubuh Anda menjadi kacau produksinya. Untuk itu, kelola stres dengan baik agar terhindar dari masalah impotensi.