Mengapa Ibu Hamil Rentan Digigit Nyamuk?

doktersehat hamil digigit nyamuk

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya melindungi diri dari gigitan nyamuk. Pasalnya, ibu hamil sering menjadi sasaran empuk kawanan nyamuk. Benarkah nyamuk lebih senang menggigit dan menghisap darah ibu hamil?

Penyebab nyamuk suka mengincar ibu hamil

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi digigit nyamuk dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Hal ini disebabkan karena ibu hamil mengeluarkan lebih banyak karbin dioksida sehingga menarik perhatian nyamuk.

Selain itu ibu hamil juga cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi. Bagi nyamuk, sinyal ini ditangkap sebagai sumber darah yang menarik untuk dihisap. Karena itu nyamuk lebih sering menghampiri ibu hamil.

Cara mencegah gigitan nyamuk pada ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya melindungi diri dari gigitan nyamuk karena nyamuk dapat menjadi perantara penyakit yang serius dan dapat membahayakan kehamilan. Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai akibat gigitan nyamuk di antaranya adalah zika dan demam berdarah.

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya mencegah gigitan nyamuk dengan beberapa cara yang aman berikut ini:

1. Gunakan pakaian warna terang dan lengan panjang

Dalam beraktivitas sehari-hari, sebaiknya gunakan pakaian berwarna terang yang tidak disukai nyamuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pakaian lengan panjang serta rok atau celana panjang yang longgar untuk membantu menghindari gigitan nyamuk.

2. Gunakan kelambu saat tidur

Jika kamar Anda tidak menggunakan AC, maka sebaiknya gunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk selama Anda tidur. Namun yang perlu diperhatikan adalah selalu jaga kebersihan kelambu, karena kelambu yang kotor justru dapat menjadi sarang debu dan nyamuk.

3. Gunakan losion anti nyamuk

Mengoleskan anti nyamuk di tubuh bisa membantu menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk. Namun sebelum menggunakan losion anti nyamuk, sebaiknya periksa dulu kandungan losion apakah aman bagi ibu hamil atau tidak. Jika aman, sebaiknya hindari menggunakan losion anti nyamuk dalam jangka waktu panjang karena umumnya dapat mengiritasi kulit.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Salah satu cara untuk mencegah gigitan nyamuk adalah ikut mencegah populasi nyamuk berkembang pesat. Selalu jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar dengan menutup semua penampungan air.