Kenapa Hidung Suka Meler Ketika Suhu Dingin?

doktersehat mudik saat flu

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasakan hidung meler ketika suhu sedang dingin? Baik karena berada di ruangan ber-AC, ketika berada di pegunungan atau setelah kehujanan biasanya keluar cairan dari hidung atau yang sering disebut dengan hidung meler.

Banyak yang bertanya-tanya kenapa hidung cepat meler saat dingin, padahal kondisi tubuh tidak sedang menderita flu, namun tiba-tiba ingus keluar. Hal ini pasti merepotkan, sebab Anda harus selalu menyediakan tisu sebagai pertolongan pertama ketika hidung meler. Namun ingus ini hanya bersifat temporal atau sementara yaitu ketika suhu udara sedang dingin saja, ketika suhu mulai hangat anda juga pasti akan kembali seperti sebelumnya. Mengapa demikian?

David King dari University of Quensland, melalui penelitian yang dilakukannya di Austrralia menyebutkan bahwa 50 hingga 80 persen orang-orang pada paparan suhu dingin akan mengeluarkan ingus sebagai respon tubuh terhadap kondisi tersebut.

Berdasarkan penelitiannya, hidung meler ini berkaitan dengan kemampuan adaptasi yang dilakukan tubuh untuk menjaga kelembapan udara tetap stabil. Setiap udara yang masuk melalui hidung akan disesuaikan kelembapannya menyesuaikan suhu tubuh. Ketika menghirup udara, hidung akan berusaha membuat udara yang masuk menjadi lebih hangat dan basah, hal ini bertujuan agar udara tersebut tidak melukai sel-sel yang dilewatinya, terutama sel paru-paru.

Kenapa hidung meler saat dingin saja? Karena ketika udara dingin, tubuh akan melakukan penyesuaikan sedemikian rupa. Otak meresponnya dengan cara memerintahkan pembuluh darah untuk mengalirkan darah ke hidung lebih cepat sehingga membuatnya lebih hangat.

Selain itu, hidung juga akan berusaha lebih ekstra untuk menjaga kelembaban udara tetap stabil dan basah dengan cara ekskresi mukus atau cairan hidung lebih banyak. Hal ini dimaksudkan untuk membantu fungsi dari aliran darah yang mengalir ke hidung, sehingga udara dingin tersebut tidak menyebabkan masalah serius pada tubuh, namun akibatnya membuat hidung menjadi ingusan atau meler.

Keadaan ini termasuk normal dan tidak membutuhkan pengobatan intensif. Nah itulah penyebab mengapa hidung suka meler saat dingin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir sebab hal ini adalah reaksi normal dari tubuh.