Benarkah Hernia Muncul karena Kelelahan?

doktersehat kanker prostat

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar istilah turun berok? Sebenarnya dalam bahasa medis, istilah tersebut adalah penyakit hernia yang merupakan kondisi adanya buah zakar yang turun bersamaan dengan lapisan otot dinding perut yang lemah.

Biasanya, hernia merupakan penyakit yang menyerang kaum laki-laki, apalagi pada anak-anak. Namun, ternyata kaum perempuan pun juga bisa mengalami penyakit yang satu ini. Hernia bisa menimbulkan rasa nyeri karena di dalamnya terdapat infeksi, apalagi pada anak-anak.

Hernia sendiri digolongkan ke dalam dua jenis yaitu hernia akuisita dan hernia kongenital alias hernia karena penyakit turunan.

Meskipun hernia adalah penyakit yang menyerang kaum laki-laki, namun kaum perempuan pun juga tak menutup kemungkinan mengalami penyakit hal yang sama. Hal itu bisa saja dikarenakan faktor kehamilan, mengangkat beban, sembelit, bersin terlalu kencang, terdapat cairan pada perut, obesitas, dan tekanan pada bagian perut.

Sedangkan hernia yang menyerang kaum laki-laki sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti konstipasi janka panjang, batuk yang tak kunjung sembuh, obesitas, sakit paru-paru, dan sulit buang air besar.

Adapun beberapa faktor lain yang menyebabkan terserangnya penyakit hernia di antaranya seperti faktor genetik atau turunan, terlahir prematur, kondisi fisik yang menurun.

Nah, dengan adanya berbagai faktor penyebab penyakit hernia di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa berbagai faktor tersebut sebenarnya disebabkan oleh satu hal yang kadang kita lupakan, yaitu aktivitas yang terlalu berlebihan.

Dengan adanya aktivitas terlalu berlebihan tanpa istirahat atau istirahat yang kurang bisa menyebabkan kondisi tubuh melemah dan sampai menimbulkan kelelahan. Kondisi inilah yang sebenarnya dapat menimbulkan penyakit hernia.

Sehingga, jika ada pertanyaan benarkah hernia muncul dikarenakan kelelahan? Jawabannya adalah benar. Tak hanya hernia, bahkan penyakit apapun bisa muncul karena kondisi tubuh kita yang lemah dan terlalu lelah.

Kita bisa mengatasi kelelahan itu dengan cukup istirahat atau memperbanyak konsumsi air putih. Karena dengan adanya air putih atau mineral di dalam tubuh dengan porsi yang cukup, maka tubuh kita akan terjaga dari segala penyakit. Tentu hal ini juga diimbangi dengan pola makan yang sehat dan teratur.