Heat Stroke – Penyebab

doktersehat-heat-stroke-kepanasan-pingsan
pic credit: michael coghlan

Heat stroke adalah kondisi darurat dimana suhu inti tubuh meningkat tajam (tergantung pada siapa yang memberikan definisi, sekitar 104oF (40oC) atau lebih pada orang dewasa dan 105oF (40,5oC) pada anak-anak) setelah terpapar pada suhu lingkungan yang tinggi digabungkan dengan gejala neurologis dan hilangnya regulasi otomatis termal tubuh (kemampuan otak mengendalikan suhu tubuh).

Lansia, wanita hamil, dan anak-anak muda berisiko tinggi terkena panas. Tubuh mereka sulit untuk berada di suhu sejuk dan juga orang dewasa tanpa masalah kesehatan. Beberapa profesional perawatan kesehatan selanjutnya membagi heat stroke menjadi exertional dan non-exertional, namun keduanya memiliki gejala dan perawatan yang serupa. Heat stroke juga disebut sunstroke dan hipertermia; dan heat stroke adalah keadaan darurat medis.

Hewan (anjing dan kucing, misalnya) dapat menderita heat stroke. Gejala sesak napas berlebihan dan kelemahan atau tidak responsif biasanya menjadi patokan diagnosis heat stroke. Apabila kondisi ini terkena pada hewan; perawatan, gejala, dan penanganan serupa dengan manusia juga harus diberikan.

Penyebab
Penyebab utama heat stroke adalah paparan yang berkepanjangan terhadap suhu tinggi dan/atau melakukan aktivitas berat dalam cuaca panas. Kemampuan tubuh untuk mengendalikan suhu inti (berkeringat, pendinginan evaporatif, misalnya) dikelilingi oleh lingkungan panas.

Bayi, anak-anak, wanita hamil dan lansia berisiko tinggi terkena heat stroke karena mereka kurang mampu mengendalikan suhu inti mereka.

Penyebab lain yang dapat berkontribusi terhadap kondisi heat stroke adalah:

  • Dehidrasi
  • Minum alkohol
  • Efek samping obat tertentu (misalnya menjadi dehidrasi karena obat tersebut membuat peningkatan buang air kecil atau menjadi banyak berkeringat)
  • Mengenakan pakaian berlebih dan/ atau ksetat dapat menyebabkan terjadinya heat stroke dengan menghambat pendinginan dengan penguapan.
  • Terbakar sinar matahari

Penyebab lain dari heat stroke yang sering menyebabkan kematian adalah meninggalkan anak atau hewan piaraan di dalam mobil yang tidak berventilasi atau tidak dinyalakan AC-nya. Jumlah rata-rata kematian anak akibat heat stroke di dalam mobil sekitar rata-rata 37 kematian per tahun sejak tahun 1998.

  • Sekitar 53% anak-anak “dilupakan” dan ditinggalkan di dalam kendaraan oleh orang dewasa
  • sekitar 17% sengaja ditinggalkan oleh orang dewasa
  • Sisanya terutama anak-anak yang sengaja masuk ke dalam kendaraan tanpa pengawasan
Heat Stroke – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4