Terbit: 20 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Setiap bulannya wanita akan mengalami menstruasi dengan siklus yang berbeda-beda. Ada yang memiliki siklus menstruasi pendek sekitar 28 hari dan ada yang pajang hingga 35 hari. Wanita bisa mengalami menstruasi dengan tanggal selalu mundur atau selalu maju setiap bulannya dan ini termasuk normal. Kira-kira apa peyebab haid terlambat atau bahkan berhenti?

10 Penyebab Haid Terlambat dan Berhenti pada Wanita

Kalau Anda biasanya memiliki siklus menstruasi selama 28 hari dan mendadak pada suatu hari mengalami keterlambatan yang cukup lama dan sering berulang, berarti ada sesuatu yang tidak beres. Segera lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi masalah yang mengganggu kesuburan.

Penyebab haid terlambat yang tak disadari

Ada banyak faktor penyebab yang membuat menstruasi bisa terlambat setiap bulannya. Secara umum, beberapa penyebab haid terlambat terdiri dari beberapa hal di bawah ini:

  1. Melakukan olahraga yang berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan wanita. Bahkan olahraga bisa menurunkan kadar lemak dengan cukup cepat. Sayangnya olahraga yang dilaukan secara berlebihan bisa memengaruhi fisik dan juga hormon sehingga menstruasi jadi sering terlambat.

  1. Mengalami stres fisik dan mental

Kalau Anda sering mengalami keterlambatan menstruasi setiap bulannya, bisa jadi tubuh sedang mengalami stres yang berlebihan. Rasa stres ini bisa muncul karena tekanan pekerjaan yang berlebihan atau karena ada masalah dengan pasangan. Pengelolaan stres yang buruk akan berujung pada kondisi stres dan memengaruhi hormon, sehingga menjadi penyebab haid terlambat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Pengaruh alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi hormonal juga menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita. Selama menstruasi tetap berjalan dan tidak terjadi masalah lainnya, Anda tidak perlu khawatir. Namun, kalau terjadi masalah, ada baiknya untuk segera melepas atau mengganti alat kontrasepsi dengan yang lebih cocok.

  1. Diet yang berlebihan dan salah

Diet memang membuat seorang wanita memiliki tubuh yang ideal, namun kalau berlebihan bisa membuat tubuh tidak ideal dan bahkan jadi penyebab haid terlambat. Efek lanjutannya adalah kesuburan yang terus anjlok. Bisa jadi, wanita akan susah mengandung janin di rahimnya. Selalu pertimbangkan apa yang akan dimakan agar tidak sering terjadi defisit kalori.

  1. Efek samping dari konsumsi obat tertentu

Obat tertentu juga bisa menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita. Obat itu terdiri dari obat untuk gangguan tiroid, steroid, dan obat untuk gangguan mental lainnya. Obat ini memengaruhi kerja hormon di dalam tubuh, sehingga menstruasi mengalami keterlambatan.

Penyebab menstruasi berhenti pada wanita

Jika sebelumnya kita sudah tahu apa saja penyebab haid terlambat, ada juga kondisi yang membuat haid berhenti. Menstruasi bisa berhenti selama beberapa bulan atau seterusnya pada wanita. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab menstruasi berhenti:

  1. Menopause

Menopause adalah salah satu siklus alami yang akan dialami oleh wanita. Begitu memasuki usia 50 tahun ke atas, ovarium akan mulai berhenti bekerja untuk menghasilkan sel telur. Kondisi ini juga dilanjutkan dengan penurunan estrogen, sehingga menstruasi mandek dan kemungkinan wanita memiliki anak akan rendah atau tidak ada sama sekali.

  1. Hamil dan Menyusui

Wanita yang hamil dan menyusui tidak akan mengalami menstruasi hingga beberapa bulan. Kalau sedang hamil, selama 9 bulan menstruasi akan mandek. Selanjutnya saat menyusui, menstruasi juga berhenti selama beberapa bulan. Kondisi ini termasuk normal sehingga wanita tidak perlu mengkhawatirkannya.

  1. Gangguan hormon

Gangguan hormon pada tubuh juga bisa menjadi penyebab haid berhenti. Gangguan ini bisa muncul saat ada tumor di kelenjar pituitary dan tiroid. Rendahnya estrogen dan testosteron juga menyebabkan kondisi ini menjadi lebih buruk. Wanita bisa tidak menstruasi selama beberapa bulan atau malas seterusnya.

  1. Kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu di dalam vagina dalam bisa menyebabkan menstruasi berhenti. Misal wanita mengalami hiserektomi karena ada mioma yang besar. Kemungkinan terjadi menstruasi lagi akan rendah. Bahkan, wanita berisiko terancam jiwanya. Oleh karena itu ada baiknya untuk rutin melakukan pemeriksaan vagina secara rutin.

  1. Obat kemoterapi

Kalau wanita memiliki kanker payudara atau kanker lainnya dan melakukan kemoterapi, kemungkinan berhenti menstruasi akan besar. Kondisi ini bisa terjadi karena obat untuk kemoterapi memengaruhi hormon pada wanita.

Cara memperlancar haid dengan mudah

Menjaga menstruasi agar tetap lancar sebenarnya gampang-gampang susah. Meski demikian, Anda tetap membiasakan beberapa hal agar peluang terjadi gangguan semakin rendah. berikut beberapa cara melancarkan haid yang bisa dilakukan.

  • Menjaga pola makan dengan baik setiap harinya. Pola makan ini akan menentukan apakah Anda memiliki kandungan lemak di tubuh atau tidak. Kalau kegemukan, kemungkinan terjadi gangguan menstruasi akan besar.
  • Makan harus seimbang dan tidak defisit kalori dalam jangka waktu lama. Defisit kalori akan menyebabkan tubuh jadi kurus dan memicu gangguan menstruasi.
  • Tetap melakukan olahraga setiap harinya. Olahraga dilakukan dengan intensitas sedang atau sesuai dengan kemampuan. Kalau Anda merasa tidak mampu jangan dipakai. Tubuh yang terlalu lelah juga memicu gangguan menstruasi.
  • Kendalikan stres yang dimiliki oleh tubuh. Semua orang memiliki masalah. Namun, kalau bisa diatasi dengan baik, tekanan akan hilang. Oleh karena itu, sebisa mungkin mengajak diskusi pasangan atau orang terdekat jika ada masalah besar.
  • Segera lakukan pemeriksaan kalau kondisi menstruasi terus terhambat dan kadang berhenti, bisa jadi sedang ada masalah di tubuh. Kalau ada penyakit, Anda bisa segera mengatasinya.
  • Selalu jaga sanitasi dari vagina setiap harinya. Infeksi penyakit yang masuk ke vagina bisa jadi memicu gangguan menstruasi dan kesuburan. Usahakan untuk mengganti celana dalam secara rutin khususnya setelah melakukan seks.

Itulah ulasan singkat mengenai penyebab haid terlambat, berhenti, hingga cara memperlancar haid. Apa ada yang pernah Anda alami? Semoga setelah menyimak informasi di atas, kita bisa lebih memahami masalah siklus menstruasi bulanan, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi