Terbit: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, upaya menurunkan berat badan tidak akan sempurna tanpa olahraga. Olahraga memang memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan karena dengan berolahraga tubuh akan membakar kalori dan mengeluarkannya sebagai keringat.

Rutin Nge-Gym Tapi Berat Badan Tak Kunjung Berkurang? Ini Alasannya

Tidak hanya itu saja, olahraga seperti latihan beban dan kardio di tempat gym secara teratur juga bisa membantu Anda membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih kekar dan kuat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengalami masalah yaitu rutin berolahraga di tempat gym namun berat badan tidak kunjung turun. Mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Makan dalam Porsi Besar Setelah Latihan

Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan berolahraga dalam waktu cukup lama, maka kalori di dalam tubuh telah terbakar sehingga walaupun makan dalam porsi setelah olagraga tidak akan menyebabkan kenaikan berar badan. Hal tersebut lantas membuat mereka mengonsumsi berbagai macam jenis makanan yang mereka mau termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi. Padahal, makan dalam jumlah besar setelah olahraga sebaiknya dihindari karena bisa menghilangkan defisit energi yang dibutuhkan. Dengan demikian, berat badan bukannya akan menurun tapi justru hasilnya sama bahkan bertambah.

2. Angka Metabolisme Basal Berkurang

Berkurangnya angka metabolisme dasar biasanya terjadi setelah Anda kehilangan berat badan cukup banyak. Jika angka metabolisme bisa berkurang maka kalori dan energi yang dibakar akan menjadi semakin sedikit. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa angka metabolisme basal akan menurun jika Anda mengalami penurunan berat badan akibat diet ketat. Namun, jika Anda mengalami penurunan berat badan karena rutin berolahraga khususnya latihan beban, maka angkat metabolisme masal akan tetap stabil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

3. Massa Otot Bertambah

Massa otot semakin bertambah bisa dikatakan bukan sebagai penyebab buruk berat badan tidak berkurang walau rutin nge-gym setiap hari. Bertambahnya massa otot akan sangat membantu Anda dalam pembentukan tubuh dan pembakaran kalori. Oleh karenanya, untuk mengukur keberhasilan program olahraga yang Anda jalani sebaiknya jangan berpacu pada besae kecilnya angka timbangan, melainkan perhatikan bentuk tubuh Anda sebelum dan setelah berolahraga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi