Terkesan Sepele, Inilah 4 Kegiatan yang Membahayakan Tulang Belakang

tulang-belakang-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Perlu disadari, setiap bagian dari dalam tubuh seseorang merupakan hal yang penting dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Jika satu organ atau bagian saja mengalami masalah, maka bagian tubuh lainnya akan merasakan imbas pula. Maka dari itu, sudah kewajiban kita semua untuk selalu menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

Salah satu bagian tubuh yang paling sering mengalami gangguan adalah tulang. Ya, tulang memang tak terlihat, tapi sangat besar peranannya dalam kehidupan kita. Tanpa tulang, kita tak akan memiliki postur tubuh serta tak akan memiliki ketahanan dalam bergerak. Sebab, ada beberapa bagian tulang yang sangat mudah terkena gangguan, misalnya tulang belakang.

Jika tulang belakang sampai terganggu, maka besar kemungkinan kita akan menjalani hidup dengan kondisi tak normal, misalnya bungkuk ataupun sering terasa nyeri. Nah, masalah tulang belakang sendiri sebenarnya bisa muncul karena kegiatan sehari-hari yang terkesan sepele. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Menggendong Tas Berat

Kebiasaan ini sangat sering kita lakukan, bukan? Ya, menggendong tas berat merupakan sebuah rutinan setiap hari. Namun, ternyata kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan tulang belakang. Sebab, semakin berat beban yang ditopang, semakin keras juga kerja dari tulang. Untuk itu, alangkah baiknya untuk tidak sering-sering menggendong tas berat.

2. Memainkan Gadget

Untuk kebiasaan yang satu ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal, dengan terlalu sering menggunakan gadget, membuat kepala kita sering merunduk. Akibatnya, akan terjadi pergeseran tulang belakang yang menyebabkan struktur tulang menjadi berubah.

3. Memasang Tali Sepatu

Memasang tali sepatu adalah sebuah kebiasaan sehari-hari. Sebenarnya, kegiatan ini aman-aman saja dilakukan asal benar. Yang jadi masalah adalah ketika Anda memasang tali sepatu secara terburu-buru. Dengan terburu-buru, akan membuat kita tak seimbang sehingga sering hampir terjatuh. Jika diteruskan, maka tulang belakang akan ikut terganggu.

4. Membawa Beban di Tangan

Pernahkah Anda belanja di pusat perbelanjaan dengan jumlah banyak? Jika pernah, tentunya Anda akan membawanya dengan kedua tangan bukan? Mulai sekarang, sebaiknya jangan lakukan hal itu. Sebab, menopang berat pada kedua tangan sambil berjalan bisa memicu terjadinya pergeseran pada tulang belakang yang akhirnya menyebabkan nyeri.