Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ibarat kendaraan, kalau bahan bakarnya habis, kendaraan tidak akan berjalan dengan lancar, bahkan macet di tengah jalan. Seks pun juga bisa demikian, kalau libido yang menjadi pemicu yang hebat mengalami gangguan, kemungkinan terjadi gangguan akan tinggi. Bahkan, penyebab gairah seksual menurun dapat memicu pertengkaran dengan pasangan.

Mengapa Gairah Seks Sering Turun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gairah seks yang turun bisa terjadi pada pria dan wanita. Kondisi ini sebenarnya wajar kalau sesekali saja terjadi. Namun, kalau penurunan libido ini justru terjadi setiap hari, barulah Anda harus mewaspadainya dan mencari tahu apa saja yang jadi penyebabnya. Berikut beberapa hal yang memicu penurunan gairah seksual pada pria dan wanita.

Penyebab Gairah Seksual Menurun

Penyebab turunnya gairah seks pada pria dan wanita tentu akan berbeda-beda. Berikut masing-masing penyebab gairah seksual menurun:

Penyebab gairah seksual pria menurun

Pertama, kita bahas dulu mengenai gairah seksual pria. Berikut faktor penyebab gairah seksual pria menurun:

  • Testosteron rendah

    Pria dengan level hormon seks yang rendah akan mengalami penurunan libido secara masif. Agar libido tidak terganggu, level testosteron harus tinggi atau paling tidak ada pada ambang batas normal.

  • Pengaruh obat

    Beberapa obat yang digunakan oleh pria khususnya obat penurunan tekanan darah bisa menyebabkan penurunan libido.

  • Terlalu capai

    Pria yang terlalu capai bekerja biasanya tidak memiliki energi yang besar. Rendahnya energi ini membuat libido jadi rendah. Tubuh pria juga agak nyeri sehingga rangsangan akan susah diterima.

  • Depresi

    Pria yang mengalami depresi cenderung memiliki libido yang rendah. Melakukan relaksasi atau menyembuhkan depresi adalah cara yang tepat.

  • Obesitas

    Pria yang mengalami obesitas biasanya susah mendapatkan ereksi yang maksimal karena libido rendah dan level hormon seks tidak stabil.

  • Kondisi penyakit kronis

    Pria dengan kondisi diabetes kronis akan mengalami penurunan libido yang signifikan.

Penyebab gairah seks wanita menurun

Setelah mengetahui apa saja penyebab gairah seks pria menurun, kini saatnya Anda tahu faktor penyebab pada wanita. Setelah mengetahui penyebabnya, tentu seks akan berjalan lancar dan lebih mengasyikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Berikut penyebab gairah seks wanita menurun:

  • Menopause

    Wanita dengan kondisi menopause atau menuju ke arah sana bisa mengalami penurunan libido. Penurunan ini terjadi karena level hormon seks di dalam tubuhnya yang terus menurun.

  • Rasa sakit saat seks

    Rasa sakit yang terjadi karena seks terjadi karena banyak hal. Yang paling sering adalah vagina kering akibat menopause. Selanjutnya, seks yang dilakukan tanpa pemanasan juga memicu rasa sakit.

  • Kondisi medis

    Wanita dengan sakit diabetes atau kanker akan mengalami penurunan libido yang signifikan. Penurunan ini terjadi karena fungsi organ seks menurun atau karena ada perubahan pada hormon.

  • Terlalu lelah

    Wanita yang terlalu capai juga mengalami penurunan libido yang cukup signifikan.

  • Pembedahan di area vagina

    Pembedahan yang terjadi area vagina juga menyebabkan gangguan yang cukup kuat pada wanita. Kalau sampai terjadi kesalahan, organ tidak akan bisa digunakan dan libido wanita juga anjlok.

  • Pengaruh obat

    Sama halnya dengan pria, beberapa obat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dan saraf bisa menurunkan libido.

Cara mengatasi penurunan gairah seks

Sebenarnya, libido atau gairah seks bisa naik dan turun setiap harinya. Kalau libido terus menurun hingga berbulan-bulan dan seks seperti tidak ada nikmatnya kembali, Anda harus waspada. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena penurunan libido bisa jadi tanda penyakit yang kronis.

Kalau Anda sudah tahu masalah yang menjadi penyebab penurunan libido, segera atasi dengan cepat. Sembuhnya penyebabnya atau hindari hal-hal yang bisa memicu penurunan libido. Ubah gaya hidup agar menjadi lebih baik, atur pola makan setiap hari, perbanyak olahraga, dan jauhi alkohol serta rokok.

Ketika Anda menerapkan gaya hidup sehat, seks akan berjalan lancar karena Anda dan pasangan akan selalu siap untuk bercinta setiap saat. Semoga ulasan di atas bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi