DokterSehat.Com– Diet ketat dan olahraga secara teratur sudah Anda lakukan. Namun, mengapa berat badan tak kunjung turun? Bahkan, semakin naik setiap harinya. Padahal, banyak yang mengatakan bahwa berat badan akan turun jika melakukan diet dan olahraga. Bisa jadi, ada beberapa alasan mengapa berat badan Anda tidak kunjunh walaupun sudah diet secara konsisten.

doktersehat-diet-medifast

Daripada Anda penasaran, simak beberapa penyebab mengapa berat tak kunjung turun saat sedang diet, diantaranya:

1. Kurang Tidur

Penyebab berat badan tak kunjung turun yang pertama adalah kurang tidur. Walaupun terdengar sepele, tapi kurang tidur juga berpengaruh pada kenaikan berat badan. Jika Anda kurang tidur saat malam atau yang biasa disebut dengan insomnia, maka kemungkinan besar Anda akan makan atau ngemi di tengah malam. Hal itulah yang membuat berat badan Anda tak kunjung turuh bahkan bisa bertambah. Oleh sebab itu, aturlah jadwal tidur Anda dan hindari penyebab susah tidur seperti stres atau main ponsel sebelum tidur.

2. Stres

Tak hanya berpengaruh pada kualitas tidur, stres juga bisa membuat diet Anda gagal sehingga membuat berat badan Anda semakin naik. Hal ini dikarenakan, saat Anda stres maka kostisol atau hormon stres yang dikeluarkan oleh tubuh akan mempengaruhi nafsu makan, yakni akan semakin naik. Dengan demikian, Anda akan makan secara terus menerus dan membuat berat badan Anda tak kunjung turun bahkan mengalami kenaikan. Oleh karenanya, segeralah atasi stres Anda dengan cara melakukan kegiatan yang Anda senangi.

3. Terlalu Banyak Makan Ddi Luar

Makan di restoran favorit memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, terlalu sering makan di luar juga dapat membuat diet Anda gagal. Pasalnya, makanan yang dijual di luar biasanya mengandung bahan-bahan kurang sehat dan berkalori tinggi. Untuk itu, sebaiknya Anda masak makanan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah terjamin kesehatannya.