Mengenal Penyebab Flu, Pengobatan, dan Pencegahannya

pengobatan-flu-doktersehat

DokterSehat.Com – Influenza atau flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus. Virus flu dapat menular dan biasanya disebarkan oleh batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Anda juga dapat terkena flu dengan menyentuh orang yang terinfeksi, misalnya, berjabat tangan.

Orang dewasa menular 1-2 hari sebelum mendapatkan gejala dan hingga 7 hari setelah jatuh sakit. Ini berarti Anda dapat menyebarkan virus influenza bahkan sebelum tahu bahwa Anda terinfeksi.

Mitos penyebab flu

Sering kali orang beranggapan apabila anak terserang batuk dan flu disebabkan karena mengonsumsi gorengan atau es dalam jumlah yang berlebihan, atau penyebab lainnya karena kelelahan, kehujanan, terkena debu, naik sepeda motor atau polusi lainnya. Ternyata semua anggapan tersebut tidak benar, itu semua bukan menjadi penyebab langsung timbulnya batuk, pilek, dan demam pada anak.

Daya tahan tubuh menjadi faktor penting bagi penderita flu, demam, batuk, dan pilek. Bila tidak ada kontak dan sumber penularan flu tidak akan terjadi, karena virus tersebut tidak akan beterbangan di udara.

Mitos tidak benar lainnya tentang penyebab flu, pilek, demam, dan batuk:

  • Karena cuaca dan perubahan musim.
  • Karena makan gorengan atau makan krupuk.
  • Karena hujan
  • Karena masuk angin akibat kipas angin atau naik kendaraan.
  • Karena kelelahan dan kurang tidur.
  • Karena naik sepeda motor.
  • Karena minum es.
  • Karena panas dalam, udara dingin, berenang atau penggunaan AC.
  • Kena debu rumah, debu bangunan atau bulu binatang.

Beberapa faktor tersebut bukan menjadi penyebab utama. Tapi menjadi faktor yang memperberat bukan faktor utama. Kalaupun ada faktor debu, dingin, minum es pada penderita alergi hanya menjadi keluhan batuk sesaat dan akan membaik dalam beberapa jam kemudian.

Hal ini disebabkan karena alergi bukan virus. Karena infeksi saluran napas harus ada sumber penularan kontak yang terkena infeksi. Misalnya minum es memang akan memperberat batuk, dan pilek yang terjadi.

Pada penderita alergi kadang kala bukan hanya es, tetapi kandungan es yang ada seperti es jeruk atau es cokelat bisa menjadi penyebab alergi batuk. Bila terdapat faktor tersebut di atas tetapi tidak ada kontak yang sakit flu atau virus maka tidak akan terjadi atau tertular infeksi tersebut.

Penyebab flu yang perlu Anda kenali

Flu adalah virus yang dibagi dalam beberapa cara penularannya. Pertama, Anda dapat tertular virus dari orang di dekat Anda yang menderita flu dan bersin, batuk, atau saat berbicara.

Virus ini juga bisa hidup pada benda mati selama dua hingga delapan jam. Jika seseorang yang terkena virus menyentuh permukaan yang sama, seperti gagang pintu atau keyboard, dan Anda menyentuh permukaan yang sama, Anda bisa terkena virus. Setelah terpapar virus di tangan, kemungkinan dapat memasuki tubuh melalui tangan saat menyentuh mulut, mata, atau hidung.

Anda dapat melakukan vaksinasi terhadap flu. Vaksin flu tahunan membantu tubuh mempersiapkan diri untuk terpapar virus. Tetapi virus flu akan berubah dan berubah. Itu sebabnya Anda membutuhkan suntikan flu setiap tahun. Suntikan flu membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi terhadap jenis virus tertentu. Antibodi memiliki kemampuan mencegah infeksi.

Pengobatan flu secara alami

Jika tidak diobati, biasanya flu akan hilang dalam waktu sekitar satu minggu. Selama waktu itu, Anda dapat melakukan beberapa pilihan perawatan untuk membuat gejalanya lebih mudah ditangani.

Obat-obatan antivirus yang diresepkan dapat mengurangi keparahan infeksi. Obat juga dapat mempersingkat durasinya. Beberapa perawatan dengan obat bebas yang bisa anda dapatkan di apotek bisa meringankan gejala infeksi. Bahkan beberapa obat flu alami dapat membantu meredakan gejala.

Sebagian orang mungkin menggunakan obat flu alami untuk membantu mengurangi keparahan. Penelitian medis pun mendukung beberapa pengobatan flu dengan cara alami, meliputi:

1. Mengonsumsi sup

Sup ayam hangat bekerja pada banyak tingkatan sebagai obat flu. Cairan hangat dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan menyediakan hidrasi dan elektrolit. Penelitian telah menunjukkan itu juga dapat mengubah pergerakan sel darah putih di tubuh Anda. Ini mengurangi peradangan.

2. Mengonsumsi madu

Banyak obat batuk dan pilek “alami” mengandung madu. Madu adalah penekan batuk yang efektif. Tambahkan beberapa untuk teh Anda atau makan sesendok kecil jika Anda mencoba untuk menghentikan batuk.

3. Minum air jahe

Minum teh atau segelas air hangat yang ditambahkan beberapa irisan jahe dapat membantu merekakan flu. Jahe memiliki khasiat penyembuhan yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan menekan batuk. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual.

4. Meningkatkan asupan probiotik

Tingkatkan bakteri baik dalam usus saat tubuh Anda melawan infeksi. Mikrobioma usus yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi baru, dan meningkatkan penyembuhan.

Tentu saja, istirahat juga merupakan bagian penting dari pemulihan dari infeksi flu. Tubuh berjuang keras melawan infeksi. Akan sangat baik bagi Anda untuk beristirahat dan tidur lebih banyak sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melawan infeksi.

Cara mencegah virus flu

Guna menhindari penyebab flu, berikut ini cara mencegah virus flu yang bisa Anda terapkan:

1. Vaksinasi

Gunakan vaksin flu pada saat musim flu datang. Tetapi tidak semua virus flu dapat di tangkal oleh vaksin flu. Dari waktu ke waktu terdapat juga jenis vaksin dengan tipe virus yang sedang menjadi wabah. Tapi selain berbeda tipe virusnya, sering kali muncul tipe virus yang lolos dari upaya penangkalan, itu di karenakan banyaknya tipe virus dan serangan virus flu yang ada.

2. Perkuat kekebalan tubuh

Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama di saat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. Minum air hangat dan mandi air hangat. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau.

3. Hindari paparan udara dingin

Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin apalagi sering terguyur hujan semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkiti tubuh kita apabila ketahanan tubuh semakin melemah. Maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang masuk tubuh akan bisa dilawan oleh kekebalan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah terserang flu.

4. Mencuci tangan dengan sabun

Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh melalui aktivitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah dipelajari ketika SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang disentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.

5. Sering berkumur-kumur

Virus flu masuk ke tubuh melalui lubang hidung dan rongga mulut. Selain hidung, pertahanan pada mulut pun harus kuat. Maka disarankan juga untuk menjaga kebersihan mulut dan hidung. Menjaga kebersihan mulut bisa dibantu dengan menggunakan obat kumur yang beredar di pasaran atau dengan seduhan daun sirih

Jika cara di atas dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari maka tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari serangan flu. Anda juga boleh berobat ke dokter lalu minum obat flu yang diberikan dan istrirahat yang cukup.

Jika badan sudah terasa pegal-pegal, bersin-bersin, kepala pusing, mata terasa panas, dan batuk-batuk kecil, kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit flu, segera minum obat flu apa saja dan tidur setelah meminum minuman yang hangat. Dengan cara itu diharapkan penyakit flu akan membaik.