Otot Tak Terbentuk Walau Rutin Latihan? Inilah 5 Penyebabnya

doktersehat-cedera-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering melakukan latihan atau fitnes, namun otot Anda tak kunjung terbentuk? Memang cukup menyebalkan, sebab dalam melakukan latihan, Anda sudah mengorbankan waktu, biaya, serta energi yang tidak sedikit, tapi hasilnya tetap tidak ada.

Hal ini sering terjadi, khususnya bagi pemula. Jika Anda mengalaminya, mungkin ada beberapa hal yang salah saat Anda melakukannya. Untuk itu, sebaiknya Anda mnegetahui beberapa fakta berikut ini yang akan membahas mengenai penyebab otot gagal terbentuk saat fitnes.

1. Kardio yang Berlebihan

Memang benar, latihan kardio sangat penting agar lemak dalam tubuh tetap terjaga dan normal, juga penting untuk kesehatan jantung. Tapi, perlu diketahui bahwa latihan kardio yang berlebihan tidak akan bisa membentuk otot. Sehingga, Anda perlu mengkombinasikan dengan latihan gerak lainnya karena kardio hanya untuk mengurangi lemak, bukan membentuk otot.

2. Angkat Beban Terlalu Sering

Ketika fitnes, kebanyakan orang akan melakukan angkat beban. Walaupun angkat beban dapat membentuk otot, tetapi jika dilakukan terlalu sering, maka otot tidak akan terbentuk karena daya tubuh memiliki batasnya ketika latihan. Sehingga, ketika sudah mencapai batasnya, maka secara otomatis otot tidak akan terbentuk sebab beralih menjadi sumber energi untuk latihan Anda. Jika diteruskan, otot akan menyusut dan Anda akan terasa pegal setelah melakukan fitnes.

3. Kurang Protein

Walau sudah melakukan fitnes, tapi Anda tak memperdulikan asupan protein tubuh, bisa dikatakan nihil hasilnya. Perlu diketahui bahwa ketika melakukan fitnes, tubuh kita memerlukan protein antara 2 sampai 3 kali lipat dari berat tubuh Anda. Maka dari itu, Anda pun juga perlu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein untuk menyeimbangkan fungsi otot Anda.

4. Kurang Konsisten

Mungkin ini penyebab yang sepele, tapi sangat penting dalam membentuk otot. Jika kita kurang niat dalam melakukan fitnes, maka tidak aka nada hasilnya. Sebab, fitnes bukanlah olahraga yang bisa dilakukan selama sehari atau dua hari saja. Berikan target kepada Anda sendiri agar otot bisa terbentuk dalam beberapa waktu.

5. Latihan yang Berlebihan

Hal ini biasa dilakukan oleh pemula yang terlalu memforsir tubuhnya. Perlu diketahui, fitnes setiap hari sebenarnya tidak dianjurkan. Apalagi untuk Anda yang pemula, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan fitnes dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat otot Anda terasa pegal dan tak terbentuk. Maka dari itu, latihanlah sesuai dengan kemampuan tubuh otot dan kekuatan Anda.