7 Penyebab Berat Badan Enggan Turun Padahal Sudah Diet

sulit-menurunkan-BB-doktersehat

DokterSehat.Com – Pria dan wanita yang memiliki badan tambun dan cenderung gemuk selalu terobsesi menurunkan berat badannya. Semua yang dilakukan mulai dari diet hingga olahraga tidak menyebabkan lemak turun. Tidak tahunya penyebab diet selalu gagal seringkali membuat malas untuk menjalani pola hidup sehat.

Kira-kira apa yang menyebabkan pria dan wanita sulit mengalami penurunan berat badan meski sudah mencoba? Adakah cara untuk membuat berat badan yang berlebih turun dengan drastis, perlahan-lahan, dan efeknya permanen? Simak dahulu penyebab diet selalu gagal di bawah ini:

  1. Tidak tahu kebutuhan kalori harian

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pria dan wanita dan menjadi penyebab diet selalu gagal adalah tidak tahunya kalori harian yang dibutuhkan. Setiap berat badan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Selain itu, untuk melakukan penurunan berat badan harus ada pengurangan kalori.

Mengetahui dan mencatat kalori harian memang sedikit rumit. Namun, cara ini cukup efektif membuat tubuh mengalami defisit kalori. Gunakan alat pencatat kalori harian yang saat ini sudah bisa diunduh melalui ponsel.

  1. Stres berlebihan

Kalau tubuh mengalami stres berlebihan, penurunan berat badan akan berjalan terhambat. Bahkan, akibat stres yang berlebihan, tubuh bisa mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Kendalikan stres dengan baik agar penurunan berat badan bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Kurang istirahat

Metabolisme adalah hal yang penting dari penurunan berat badan. Kalau tubuh mengalami lelah berlebihan dan istirahat yang dilakukan berjalan terhambat, kemungkinan pria kurus semakin kecil dan inilah penyebab diet selalu gagal. Metabolisme akan turun, sehingga lemak tidak akan dibakar menjadi energi.

Apapun keadaannya, tetap lakukan istirahat minimal 6 jam setiap harinya. Kalau Anda bisa istirahat selama 8 jam akan jauh lebih baik. Saat melakukan istirahat, usahakan untuk merelakskan pikiran juga agar tidurnya berkualitas.

  1. Melupakan olahraga

Jalan lupakan olahraga setiap harinya meski hanya jalan kaki atau sekadar jogging. Biasanya saat melakukan diet, tubuh akan mengalami rasa lelah dan lemas yang cukup tinggi. Hal ini wajar dan bisa diatasi dengan membuat tubuh menjadi lebih aktif dari sebelumnya.

Kalau Anda bisa berolahraga di tempat gym akan lebih baik lagi. Tubuh akan mudah meluruhkan lemak di dalam tubuh dan menjaga kondisinya selalu prima. Selain itu, olahraga juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat.

  1. Sering membuat tubuh lapar

Diet tidak sama dengan membuat tubuh menjadi lapar. Anda tetap memenuhi kebutuhan kalori harian dengan baik. Jangan membuat tubuh jadi lapar berlebihan karena bisa menurunkan metabolisme dan membuat nafsu makan terlalu besar. Kalau sampai kalap saat makan, tidak ada gunanya melakukan diet selama ini.

  1. Genetik

Penyebab diet selalu gagal dan lemak susah turun dan badan mulai mengempis adalah masalah genetik. Pria dan wanita ada yang memiliki jenis tubuh endomorph. Jenis tubuh ini memang cenderung lebih tambun dari biasanya dan kadar lemak di dalamnya cukup tinggi.

  1. Mengalami hipotiroid

Pria dan wanita susah sekali mengalami penurunan berat badan karena ada gangguan pada kelenjar tiroidnya. Kondisi ini menyebabkan metabolisme jadi turun signifikan. Menurunnya metabolisme membuat tubuh lebih mudah mengalami penambahan lemak. Bahkan, saking seringnya, obesitas akan terus terjadi bahkan sejak kecil.

Itu dia beberapa penyebab diet sering gagal dan berat badan tidak mau turun padahal sudah melakukan diet yang cukup ketat. Dengan membaca artikel di atas, kita akan tahu mana masalah utama yang membuat diet tidak bisa berjalan dengan lancar.