Penyebab Diare Muncul di Pagi Hari

sakit-perut-sembelit-diare-asam-lambung-doktersehat

DokterSehat.Com– Terkadang setelah bangun tidur tiba-tiba saja perut terasa tidak karuan sehingga kita pun langsung berlari ke toilet. Saat itulah kita menyadari bahwa kita sedang mengalami diare. Sebenarnya, apakah diare yang muncul di pagi hari ini adalah tanda dari adanya masalah kesehatan?

Penyebab diare yang paling umum

Pakar kesehatan menyebut diare sebagai masalah yang bisa saja muncul untuk sementara waktu saja. Hanya saja, dalam banyak kasus, kondisi ini juga bisa terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius, namun seringkali diare yang muncul di pagi hari disebabkan oleh hal-hal yang sering kita lakukan seperti sebagai berikut.

  1. Kebiasaan merokok

Jangan salah, kebiasaan merokok ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi pencernaan. Jika kita terbiasa merokok di malam hari atau sebelum tidur, makan nikotin yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat gangguan pencernaan, kontraksi perut, dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih cair. Kita pun akan merasakan sakit perut saat bangun tidur dan diare saat buang air besar.

  1. Kebiasaan meminum alkohol

Selain merokok, kebiasaan meminum alkohol ternyata juga bisa menyebabkan diare. Padahal, kebanyakan orang meminumnya di malam hari. Alkohol pun akan mempengaruhi pencernaan saat kita tidur sehingga saat kita terbangun, tubuh sudah dalam kondisi diare.

  1. Kebiasaan ngemil larut malam

Karena asyik mengobrol atau menonton acara televisi kesayangan, kita terkadang tidak sadar mengonsumsi camilan di larut malam. Tak hanya berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini ternyata juga bisa memicu diare di pagi harinya.

  1. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Kafein memang bisa mempengaruhi pergerakan usus. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kafein layaknya kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, dan lain-lain di malam hari, maka di pagi keesokan harinya bisa saja memicu datangnya diare.

  1. Sarapan dengan porsi besar

Jika kita langsung sarapan setelah bangun tidur dengan porsi yang besar, maka perut pun akan menjalankan mekanisme pengosongan perut. Hal ini akan membuat kita lebih rentan terkena diare.

  1. Dehidrasi

Jika kita mengalami dehidrasi, maka tubuh pun akan mengalami ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan otot perut mengalami kontraksi yang akhirnya menyebabkan datangnya diare.

  1. Terkena flu

Banyak orang yang berpikir jika flu hanya akan mempengaruhi saluran pernapasan saja. Padahal, jika sampai virus influenza menjadi lebih aktif di dalam tubuh, virus ini akan memicu kontraksi pada usus yang akhirnya menyebabkan datangnya diare.

  1. Mengalami keracunan makanan

Jika kita mengonsumsi makanan yang kadaluarsa, tidak higienis, atau sudah terkontaminasi bakteri seperti salmonella, maka perut akan mengalami gangguan dan akhirnya menyebabkan datangnya diare.

  1. Stres

Stres memang bisa mempengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk bagi saluran pencernaan. Salah satu dampaknya adalah munculnya diare di pagi hari atau setelah bangun tidur.

Beberapa penyebab diare di pagi hari lainnya yang harus diwaspadai

Selain berbagai penyebab yang cenderung ringan tersebut, pakar kesehatan menyebut ada beberapa penyebab lain diare di pagi hari yang patut untuk diwaspadai.

Berikut adalah penyebab-penyebab tersebut.

  1. Irritable bowel syndrome

Penyakit yang juga dikenal sebagai sindrom iritasi usus ini seringkali terkait dengan stres. Gejala utama dari sindrom ini adalah diare, perut kembung dan dipenuhi gas, sembelit, kram perut, hingga adanya lendir pada kotoran.

  1. Inflammatory bowel disease

Penyakit peradangan pada usus ini bisa dipicu oleh penyakit crohn atau colitis ulseratif. Keduanya bisa menyebabkan peradangan atau bahkan luka pada usus besar. Selain diare di pagi hari, kondisi ini juga bisa menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.

Selain berbagai kondisi di atas, kita juga sebaiknya mewaspadai alergi makanan jika sering mengalami diare di pagi hari atau bangun tidur. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.