Selain Gula, Diabetes Juga Bisa Dipicu Hal Sepele Ini

efek-kopi-berlebihan-pada-wanita-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Saat membahas tentang diabetes, hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah gula. Realitanya, gula yang bisa membuat makanan dan minuman memiliki rasa yang manis ini memang bisa menjadi penyebab diabetes.

Menurut pakar kesehatan, ada beberapa hal lainnya yang tidak terduga namun bisa menjadi penyebab diabetes, salah satunya adalah kebiasaan tidak pernah minum kopi. Meski terlihat tidak terkait, sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University justru menyebutkan fakta bahwa mereka yang tidak pernah atau membatasi asupan kopi cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes hingga 17 persen.

Menurut para peneliti, jika kita rajin minum kopi hitam, maka tubuh justru akan mengalami kondisi gula darah yang jauh lebih stabil. Hanya saja, jika kita ingin mendapatkan manfaat berupa dicegahnya diabetes dengan lebih baik, ada baiknya kita memastikan bahwa kopi yang diminum tidak diberi tambahan gula dan bukan kopi sachet yang sudah kaya akan kalori dan kandungan gula.

Kebiasaan lain yang tidak disangka bisa meningkatkan risiko penyebab diabetes adalah sering menggunakan obat kumur. Sebagaimana kita ketahui, obat kumur bisa membantu membersihkan gigi dan mulut dengan lebih baik dan mencegah datangnya masalah bau mulut. Sayangnya, menurut penelitian yang dilakukan di University of Alabama, 55 persen orang yang menggunakan obat kumur dua kali sehari secara rutin selama tiga tahun akhirnya terkena diabetes tipe 2.

Obat kumur memang mampu membuat kita menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Sayangnya, bakteri baik yang bisa menjaga kadar gula darah tetap seimbang juga ikut hilang. Hal ini membuat kita lebih rentan terkena kenaikan kadar gula darah yang berimbas pada datangnya diabetes.

Makanan yang kaya akan tambahan garam ternyata juga bisa menjadi penyebab diabetes. Padahal, biasanya garam lebih terkait dengan hipertensi. Menurut pakar kesehatan, konsumsi garam terlalu banyak akhirnya bisa memicu resistensi insulin, salah satu penyebab utama dari datangnya diabetes.

Mengingat diabetes tidak bisa disembuhkan, ada baiknya kita menerapkan gaya hidup yang sehat dan memperhatikan hal-hal yang sebelumnya dibahas agar tidak mudah terkena penyakit ini.