Selain Karena Faktor Genetik, Ini Penyebab Diabetes Bisa Menurun

gejala-kesehatan-yang-tidak-boleh-diabaikan-pria-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu penyebab utama dari diabetes adalah faktor genetik atau keturunan. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan diabetes menurun dari orang tua ke anaknya, tidak melulu karena faktor keturunan saja.

Pakar kesehatan menyebut diabetes tipe 1 sebagai penyakit yang memang disebabkan oleh faktor genetik, namun, untuk diabetes tipe 2, penyebabnya seringkali adalah gaya hidup yang tidak sehat. Apalagi jika orang tua terbiasa menerapkannya sehingga ditiru oleh anak-anaknya, maka diabetes bisa saja menurun.

Sebagai contoh, jika orang tua terbiasa menerapkan pola makan yang tidak seimbang seperti sering mengonsumsi makanan tinggi kalori dan gula, sering ngemil yang tidak sehat, dan malas berolahraga, maka tak hanya orang tua yang menjadi lebih rentan terkena diabetes, anak-anak juga akan memiliki risiko yang sama besarnya.

“Orang tua dengan badan yang gemuk dan hobi makan junk food biasanya juga akan ditiru oleh anak-anaknya. Apalagi jika anak juga jarang melihat orang tuanya berolahraga. Gaya hidup ini sangat buruk dan membuat anak lebih rentan terkena diabetes meskipun usianya masih muda. Padahal, gaya hidup ini bisa diubah menjadi lebih sehat,” ucap pakar kesehatan dr. Pande Wade Satrya.

Salah satu penyebab dari diabetes yang patut untuk diwaspadai adalah tubuh yang gemuk. Menurut dr. Pande, jika sampai indeks massa tubuh melebihi angka 23, maka risiko untuk terkena penyakit ini akan jauh lebih tinggi.

“Kondisi tubuh yang kegemukan dan kebiasaan malas berolahraga akan memicu sindrom metabolik yang akhirnya berujung pada diabetes,” ungkap dr. Pande.

Melihat adanya fakta ini, jika sampai orang tua sudah mengidap diabetes, ada baiknya selalu menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dalam hal menjaga pola makan yang seimbang setiap hari. Tak hanya akan membuat risiko terkena komplikasi berbahaya menurun, hal ini juga akan membuat anak-anak akan terbiasa dengan gaya hidup sehat dan terus melakukannya hingga usia dewasa. Anak pun tidak akan mudah terkena penyakit yang sama karena kebiasaan ini.