Terbit: 22 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Daya tahan tubuh adalah hal yang sangat krusial dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Kalau daya tahan tubuh anjlok, Anda akan mudah sekali mengalami sakit meski hanya sekadar batuk atau pilek. Namun, kalau daya tahan tubuh mudah sekali turun, kemungkinan mengalami infeksi yang lebih besar tidak bisa dihindari. Oleh karena itu sebisa mungkin jaga daya tahan dan menghindari hal-hal yang bisa merusaknya.

7 Hal Sederhana yang Ternyata Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Hal-hal yang sebenarnya terlihat biasa dan sederhana bisa menurunkan daya tahan tubuh secara perlahan hingga signifikan. Oleh karena itu kita harus tahu apa saja yang bisa membuat tubuh jadi mudah sakit dan menghindarinya. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari.

  1. Kualitas tidur menurun

Hal pertama yang membuat daya tahan jadi lebih turun dan Anda jadi mudah sakit adalah kualitas tidur. Dalam satu hari, seorang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam. Dengan jam tidur yang panjang ini Anda bisa dengan mudah beristirahat hingga puas dan esok pagi memiliki tubuh yang lebih segar.

Sayangnya tidak semua orang memiliki kebiasaan tidur yang baik. Tidak sedikit dari kita memiliki pola tidur yang buruk seperti terlalu malam atau dini hari. Beberapa orang bahkan hanya tidur selama beberapa jam saja. Kalau kualitas tidur menurun, kemungkinan besar daya tahan tubuh juga ikut turun signifikan.

  1. Konsumsi gula dan garam berlebihan

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan juga garam bisa menyebabkan banyak sekali masalah pada tubuh. Kalau Anda mengonsumsi gula secara berlebihan, tubuh bisa mengalami kelebihan kalori. Gula darah juga bisa naik dengan signifikan. Kalau gula darah baik kemungkinan terjadi obesitas hingga diabetes akan tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Terlalu banyak garam juga tidak baik untuk tubuh karena memicu pengikatan air di dalam tubuh. Anda juga akan berpotensi mengalami masalah pada tubuh seperti hipertensi yang berbahaya. Perbanyak buah dan sayur agar daya tahan tubuh tidak menurun.

  1. Aktivitas fisik rendah

Salah satu kebiasaan buruk yang sering sekali kita lakukan dan kerap dilakukan berkali-kali adalah bermalas-malasan. Padahal kita juga butuh berolahraga secara rutin setiap harinya atau dalam seminggu ada total sekitar 150 menit. Sayangnya, tidak semua orang mau melakukan olahraga, bahkan sekadar jalan kali sekali pun tidak dilakukan.

Kalau tubuh cenderung pasif, daya tahan tubuh juga akan rendah. Anda juga mudah sekali sakit atau lelah. Berbeda kalau Anda rutin melakukan olahraga setiap hari, tubuh akan menjadi lebih kuat. Radikal bebas yang berada di udara akan susah masuk. Kalau pun masuk akan segera dibabat habis oleh sistem imun.

  1. Stres

Stres yang Anda alami entah karena pekerjaan atau masalah sehari-hari ternyata tidak hanya menyebabkan gangguan psikologis saja. Saat tubuh mengalami stres berlebihan, kortisol dalam jumlah banyak akan terbentuk. Nah, kortisol inilah yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh karena bisa mengganggu kerja dari sel tubuh.

Kalau Anda mengalami stres yang berlebihan, sebisa mungkin segera atasi dengan cepat. Anda bisa melakukan pelesir ke beberapa tempat wisata, melihat film komedi, atau sekadar melakukan yoga atau meditasi di rumah. Jangan sepelekan masalah stres karena kondisi tubuh bisa menurun seiring dengan berjalannya waktu.

  1. Merokok dan minum alkohol

Merokok adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh pria. Dengan merokok, beberapa orang merasa lebih semangat dalam bekerja. Bahkan, mereka juga tidak merasakan lapar lagi. Meski rokok menjadi kebutuhan beberapa orang, racun yang terkandung di dalamnya bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan mengganggu sistem kekebalan.

Selain merokok alkohol juga menyebabkan hal yang kurang lebih sama. Racun yang masuk akan segera memengaruhi sel imun. Dampaknya Anda akan mudah sekali sakit seperti pilek hanya karena udara turun drastis. Selain itu, alkohol bisa memengaruhi fungsi hati jangka panjang kalau terus dilakukan.

  1. Berada di lingkungan yang kumuh

Berada di lingkungan yang kumuh entah di kiri dan kanan atau rumah yang jarang sekali diberikan bisa membuat Anda mudah sekali sakit. Daya tahan tubuh bisa anjlok dengan mudah dan akhirnya infeksi tidak bisa dihindari.

Kalau Anda tidak mau mengalaminya, sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan lingkungan. Buang sampah secara rutin, sapu hingga bersih, dan perhatikan area dapur yang kadang menumpuk piring kotor.

  1. Tidak menjaga sanitasi

Selalu jaga sanitasi dengan baik setiap harinya. Sanitasi yang maksud di sini ada banyak mulai dari sanitasi tubuh khususnya tangan. Anda tidak boleh membiasakan diri makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga tidak boleh memegang sesuatu lalu tidak mencucinya. Kalau tidak sempat mencuci selalu bawa hand sanitizer.

Selanjutnya jaga sanitasi saat buang air kecil dan besar. Bersihkan semua kotoran dari tubuh lalu lap hingga kering. Jangan memakai celana dalam saat area kemaluan masih basah. Untuk wanita, selalu ganti celana dalam secara rutin setiap beberapa jam sekali saat menstruasi. Selebihnya pria dan wanita harus mengganti celana dalam sehari dua kali agar tubuh tidak kotor dan daya tahan tubuh anjlok.

Inilah beberapa hal sederhana yang ternyata bisa menyebabkan daya tahan tubuh jadi menurun cukup tajam. Nah, kalau Anda merasa sering mengalami flu atau batuk, bisa jadi daya tahan tubuh sedang tidak maksimal. Segera naikkan daya tahan tubuh dan hindari beberapa hal yang bisa menurunkan kinerja sistem imunitas. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi