Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap wanita pasti pernah mengalami keluarnya cairan melalui organ intim atau yang biasa disebut dengan keputihan. Keputihan memang normal terjadi pada setiap wanita, namun juga bisa menjadi masalah ketika keputihan yang keluar terlalu banyak dan menunjukkan ciri-ciri yang tidak biasa.

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan Berwarna Hijau

Keputihan normal biasanya menunjukkan ciri-ciri seperti tidak berbau, tidak lengket, tidak berwarna, tidak berair, dan tidak berlebihan jumlahnya. Sedangkan ciri-ciri keputihan yang tidak normal biasanya beraroma tidak sedap, berwana hijau atau kuning, nyeri, iritasi gatal, perih, hingga munculnya bercak darah.

Jika keputihan menunjukkan ciri-ciri tersebut, maka kemungkinan besar kondisi Anda sedang tidak sehat. Bisa jadi, Anda mengalami infeksi bakteri, peradangan atau bahkan terkena penyakit menular seksual. Untuk itu, Ada baiknya jika Anda mengetahui apa penyebab dari keputihan yang berwarna hijau dan bagaimana cara mengobatinya.

Penyebab dari keputihan yang tidak normal ini adalah terjadinya infeksi bakteri pada saluran kencing. Di dalam vagina terdapat bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi kesehatan vagina. Namun, jika perkembangan bakteri tersebut terlalu banyak dan tidak normal, maka dapat memicu infeksi. Apalagi, ketika Anda menahan untuk buang air kecil, maka bakteri tersebut akan semakin banyak dan mengakibatkan infeksi pada saluran kencing. Sehingga keluar cairan yang tidak normal, seperti keputihan berwarna hijau.

Tidak hanya itu, penggunaan produk tertentu yang diyakini dapat menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim juga dapat menyebabkan keputihan berwarna hijau. Biasanya, Anda menggunakan produk tertentu untuk membersihkan organ intim dan ternyata produk tersebut mengandung parfum, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami infeksi pada organ intim. Produk tersebut juga dapat merusak keseimbangan cairan dalam organ intim wanita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Lantas, bagaimana cara mengobati keputihan yang berwarna hijau? Jika keputihan berwarna hijau yang Anda alami disebabkan oleh infeksi jamur, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan krim antijamur yang bisa Anda beli di apotek. Cara lainnya adalah kompres dengan menggunakan air dingin pada bagian area intim yang terasa gatal dan bengkak, serta hindari penggunaa produk dengan zat berbahan kimia dan pewangi agar cairan vagina kembali normal.

Namun, jika keputhan tak kunjung sembuh tapi justru membuat kondiri tubuh Anda demam, sakit perut parah, mual dan muntah, serta denyut nadi melemah, Anda harus segara pergi ke dokter agar bisa segera ditangani.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi