Penyebab dan Cara Mencegah Gatal pada Selangkangan

Doktersehat-gatal-di-selangkangan

DokterSehat.Com – Selangkangan merupakan area tertutup yang dekat dengan alat kelamin. Kondisi ini membuat gatal di selangkangan adalah gangguan yang pasti pernah dialami semua orang.

Pada umumnya, selangkangan gatal bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Gatal di selangkangan bisa menjadi gejala dari banyak kondisi seperti infeksi vagina pada wanita dan jock itch pada pria.

Jock itch merupakan kodisi gatal pada area selangkangan pria akibat infreksi jamur pada kulit yang disebut tinea. Selain itu, jock itch disebabkan oleh jamur yang dikenal dengan dermatorit, yakni jamur mikroskopis yang secara alami hidup di kulit, rambut, dan kuku.

Sebenarnya, jamur ini tidak berbahaya dan tidak akan menimbulkan masalah yang berarti. Akan tetapi, mereka akan cepat berkembang biak jika pakaian Anda basah akibat keringat setelah Anda berolahraga. Hal yang terjadi selanjutnya adalah jamur tersebut akan menyebabkan ruam dan gatal atau tampak seperti luka bakar, bahkan terkadang kulit terlihat seperti bersisik.

Jamur yang tumbuh pada selangkangan ini dapat menular. Sehingga, jika Anda melakukan kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi jamur ini seperti melalui kontak pakaian, maka Anda juga akan terinfeksi oleh jamur yang sama.

Seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi jamur yang menyebabkan gatal pada selangkangan adalah seorang atlet olahraga. Hal tersebut dikarenakan mereka mengeluarkan lebih banyak keringat dan secara tidak langsung akan menumpuk pada lipatan-lipatan kulit dan menyebabkan gatal.

Di samping itu, faktor yang dapat meningkatkan gatal di selangkangan adalah kegemukan, jarang mandi, jarang ganti baju, berbagi handuk dengan orang lain, menggunakan kamar mandi umum, mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Untuk mengetahui apakah Anda telah terinfeksi jamur atau tidak, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat gejala yang ditimbulkan, yakni gatal di selangkangan yang teramat sangat dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah itu, Anda bisa pergi dokter untuk memeriksanya, sehingga dokter bisa mendiagnosa apakah Anda terkena infeksi jamur atau tidak.

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

Gatal di selangkangan membuat seseorang tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-harinya. Guna mengatasi selangkangan gatal akibat jamur, Anda bisa menggunakan bedak atau krim antijamur. Sebelum menggunakan krim atau bedak ini, sebaiknya cuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun.

Meski gejala gatal di selangkangan mereda, jangan hentikan penggunaan krim atau bedak antijamur terlalu cepat. Ikuti durasi penggunaan sesuai yang disarankan pada label produk supaya infeksi tidak kembali lagi.

Perlu diketahui, ketika gatal di selangkangan ini digaruk, maka hal itu dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Pasalnya, menggaruk selangkangan gatal hanya akan menyebabkan kulit semakin iritasi dan bahkan akan menimbulkan infeksi baru lainnya.

Jika ini terjadi, kemungkinan akan diperlukan pengobatan antibiotik. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus selalu di bawah pengawasan dokter.

Selain itu, hindari menggunakan pakaian ketat apabila Anda melakuka suatu aktivitas yang lama. Celana ketat dapat menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital. Maka tak heran, kalau organ genital Anda jadi gampang gatal, lecet, dan memerah saat menggunakan celana ketat terlalu lama.

Berikan ruang udara yang cukup di sekitar area selangkangan agar organ vital Anda terasa nyaman. Selain itu, pilihlah pakaian yang agak longgar dengan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan yang membahayakan organ vital.

Sedangkan, gatal di selangkangan yang disebabkan penyakit menular seksual umumnya memerlukan campur tangan dokter, contohnya, pemberian resep antibiotik untuk sifilis dan prosedur medis pengangkatan kutil.

Pada dasarnya, pengobatan untuk gatal di selangkangan perlu dilakukan sesuai dengan penyebab. Jika Anda ragu mengenai penyebabnya, periksakan diri ke dokter. Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, Anda bisa menerima pengobatan yang tepat.