Kesalahan yang Sering Menyebabkan Cidera Saat Olahraga

sakit-karena-olahraga-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Agar sehat dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit berbahaya, tubuh harus senantiasa bergerak setiap saat atau berolahraga secara teratur. Olahraga memang dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga banyak orang yang gemar melakukannya. Di samping itu, olahraga juga bisa membentuk tubuh menjadi lebih ideal hanya dalam waktu yang terbilang singkat.

Akan tetapi, olahraga merupakan aktivitas yang juga dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh, salah satunya adalah dapat berpotensi menimbulkan cidera. Hal tersebut umum terjadi seringnya melakukan gerakan yang sama secara berulang kali. Selain itu, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga dan juga bisa menyebabkan cidera, diantaranya:

1. Berolahraga dengan Teknik yang Salah

Kesalahan pertama yang sering dilakukan dan menimbulkan cidera saat berolahraga adalah memilih teknik olahraga yang salah. Kesalahan ini umum dilakukan oleh banyak orang, khususnya dalam melakukan latihan beban. Sebaiknya, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah cara atau teknik yang Anda lakukan sudah benar atau belum, sebelum Anda melanjutkan ke tahapan latihan berikutnya.

2. Salah dalam Melakukan Pemanasan

Dalam setiap jenis olaharaga, pemanasan sangat penting untuk dilakukan dan jangan sampai terlewatkan. Namun, masih banyak orang yang masih salah dalam melakukan pemanasan. Salah satu contohnya adalah ketika Anda melakukan peregangan yang lebih fokus terhadap peregangan staris. Seperti yang Anda tahu bahwa jenis pemanasan tersebut mengharuskan Anda untuk meregangkan satu bagian tubuh dan menahannya pada posisi tertentu. Jika Anda salah melakukannya, maka dapat mengurangi performa saat berolahraga sehingga bisa memicu risiko terjadinya cidera.

3. Olahraga Setiap Waktu

Meskipun olahraga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, namun ukan berarti Anda harus melakukannya setiap waktu. Sebab, olahraga terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama tulang. Selain itu, terlalu banyak berolahraga tanpa diselingi waktu untuk istirahat juga dapat berpotensi menyebabkan cidera dan kerusakan sendi. Oleh karenanya, sebaiknya Anda melakukan latihan dengan intensitas rendah secara rutin, seperti berenang, bersepeda, yoga, dan olahraga ringan lainnya.