7 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Memerahkan Bibir yang Alami

scrub-bibir-doktersehat

DokterSehat.com – Bibir merah merona menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum hawa. Sayangnya, tidak semua orang memiliki bibir merona seperti yang diinginkan. Mengapa demikian? Sebenarnya warna bibir juga dipengaruhi oleh hormon estrogen yang membantu proses perbaikan dan pergantian (regenerasi) kulit.

Penyebab Bibir Hitam

Bibir yang menghitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor dari dalam dan luar tubuh seseorang, di antaranya:

1. Hormon estrogen

Seiring bertambahnya usia, terutama pada usia menopause, kadar estrogen mengalami penurunan yang signifikan sehingga proses regenerasi kulit semakin melemah bahkan berhenti.

Dampaknya kulit tidak mampu melindungi dan melembapkan sendiri tanpa adanya proses regenerasi. Akibatnya, kulit akan semakin mengendur dan timbul kerutan sehingga bibir tampak kering dan menghitam.

Baca juga: Tidak Merokok Tapi Warna Bibir Gelap, Ternyata Ini Penyebabnya

2. Merokok

Faktor lain yang dapat mengurangi keindahan bibir adalah kebiasaan merokok. Warna bibir alami Anda akan berubah menghitam akibat merokok. Saat menghisap rokok, bibir terkena panas rokok sehingga mematikan sel-sel darah merah yang kemudian membuat timbunan pigmen di bibir.

Selain itu, karbon dari hasil pembakaran rokok juga bisa membuat warna bibir semakin pekat.

3. Bahan kimia dalam produk kecantikan

Kulit bibir yang relatif sensitif sehingga bibir akan mudah menghitam bila terkena bahan kimia yang tidak cocok, misalnya lipstik. Kandungan bahan kimia dalam lipstik yang digunakan dalam waktu lama dan tidak cocok dengan bibir dapat membuat warna bibir menghitam.

4. Kurangnya perawatan kulit yang tepat

Merawat kulit dengan tidak benar dapat menyebabkan bibir menghitam dan pecah-pecah. Kurangnya pelembap bibir yang mengandung tabir surya, sering menjilati bibir, menggosok-gosok bibir, dapat menyebabkan perubahan warna dan kekeringan pada bibir.

Memakai lip balm yang tinggi kandungan emolien setiap hari adalah cara terbaik untuk mempertahankan kelembapan di bibir Anda, termasuk sebelum Anda tidur pada malam hari. Penting juga untuk memilih lipstik yang sudah mengandung pelembap.

5. Alergen

Bahan alergen dalam kosmetik atau produk perawatan kulit dapat berkontribusi dalam menyebabkan bibir pecah-pecah atau menghitam. Reaksi alergi ini sering disebabkan oleh pewarna atau wewangian dalam produk, dan dapat dicegah dengan menghentikan penggunaan produk sedini mungkin agar reaksi alergi tidak berkelanjutan.

6. Kafein

Kafein bersifat diuretik. Kandungan ini dapat menyebabkan bibir kering dengan cara kerjanya yang identik membuat orang lebih sering buang air kecil, sehingga dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. Bahkan jika Anda sudah minum delapan gelas air yang direkomendasikan dalam sehari, kafein dapat mengganggu rehidrasi dan membuat bibir Anda tampak rusak. Sebaiknya batasi jumlah asupan kafein jika Anda ingin kulit terlihat lebih sehat alami.

7. Hiperpigmentasi

Hal ini berkaitan dengan kelainan kulit, yaitu melasma yang merupakan munculnya bercak berwarna gelap, cokelat atau kehitaman pada wajah Anda.

Bercak-bercak ini biasanya muncul pada area berikut:

  • Pipi
  • Jembatan hidung
  • Dahi
  • Dagu
  • Area di atas bibir

Anda juga bisa menemukannya di tempat lain yang terkena paparan sinar matahari, seperti lengan bawah dan bahu.

Melasma lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, dan hormon biasanya berperan dalam perkembangannya. Bahkan, bercak ini sangat umum nampak selama kehamilan yang biasanya disebut dengan “topeng kehamilan.”

Baca juga: Kebiasaan yang Memperparah Bibir Kering dan Pecah

Cara Memerahkan Bibir Hitam

Bibir merah muda yang nampak sehat dapat menambah pesona wajah seseorang, terutama pada wanita. Bibir yang secara alami sudah terlihat menarik ini tidak membutuhkan pemakaian lip balm atau lipstik secara teratur agar terlihat mempesona, tetapi beberapa faktor penyebab bibir menghitam dapat memengaruhi penampian bibir.

Ada beberapa solusi alami untuk mencerahkan bibir yang gelap. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mencerahkan bibir hitam:

1. Madu

Madu adalah bahan alami yang luar biasa, yang dapat digunakan untuk mencerahkan bibir hitam. Tidak hanya mencerahkan bibir tetapi juga membuat bibir lebih lembut. Oleskan madu pada bibir dan biarkan semalaman, setiap hari. Lanjutkan hal ini selama beberapa minggu dan Anda akan melihat perubahan warna bibir.

2. Jus lemon

Lemon dikenal sebagai bahan alami pemutih dan bertindak sebagai bahan yang efektif untuk mencerahkan bibir hitam. Caranya, oleskan jus lemon segar pada bibir lalu pijat dengan lembut. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur.

3. Gula

Gula pasir berfungsi sebagai scrub yang sangat baik untuk mengelupaskan bibir guna membantu mengangkat sel kulit mati yang tidak diinginkan. Gunakan tiga sendok gula pasir dan campurkan dengan dua sendok mentega untuk membuat pasta kental. Kemudian aplikasikan campuran ini pada bibir untuk mengelupasnya.

Mentega berperan sebagai tambahan untuk melembapkan bibir. Seperti bagian kulit yang lainnya, bibir juga perlu pengelupasan secara teratur. Cobalah hal ini dua kali seminggu untuk bibir yang lebih indah.

4. Bit

Buah berwarna ungu pekat ini membantu membersihkan dan mencerahkan bibir. Jus buah bit memiliki kandungan alami yang dapat mencerahkan bibir. Aplikasikanlah jus bit pada bibir untuk hasil yang efektif.

Baca juga: Tips Memilih Lipstik yang Baik untuk Kesehatan Kulit Bibir

5. Es batu

Metode sederhana dengan menggosok es batu di atas bibir dengan lembut akan membantu bibir tetap lembap dan segar. Tidak hanya melembapkan, tetapi juga membuat bibir terlihat lebih seksi.

6. Susu krim

Coba susu krim dengan sedikit bunga saffron dan oleskan campuran ini ke bibir Anda. Ini adalah bahan turun temurun yang dapat digunakan untuk mengatasi bibir hitam. Lakukan hal ini beberapa kali sehari terutama pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Cara Mengatasi Bibir yang Menghitam

Cara mengatasi bibir hitam agar menjadi merah kembali akibat rokok atau bahan kosmetik yang tidak cocok, Anda dapat menggunakan gel, salep, atau krim yang mengandung steroid. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya agar tidak tertelan ke mulut.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bibir menghitam adalah dengan menghindari kebiasaan merokok, gunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya saat siang hari, oleskan pelembap bibir yang tidak berwarna sebelum tidur, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Pencegahan Bibir Hitam

Sebagai upaya pencegahan sebaiknya bersihkan bibir dari lipstik dengan pembersih khusus, sebab sisa lipstik yang menempel di bibir dapat membuat bibir menghitam.

Sebelum menggunakan lipstik sebaiknya mencoba lipstik di kulit belakang telinga terlebih dahulu. Diamkan selama 24 jam. Bila terasa perih dan gatal berarti ada bahan dalam lipstik tersebut yang tidak cocok dengan kulit Anda.

Nah, demikian cara memerahkan bibir yang menghitam, mudah bukan? Selamat mencoba di rumah, Teman Sehat!