3 Kebiasaan yang Bisa Membuat Bibir Menjadi Gelap dan Kusam

doktersehat-penyebab-bibir-hitam
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Mempunyai bibir merah merona merupakan dambaan hampir setiap wanita. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang masih memiliki bibir berwarna gelap dan kusam, sehingga membuat penampilan mereka kurang sempurna. Kondisi tersebut membuat mereka merasa kurang percaya diri.

Ada banyak cara untuk mengatasi bibir gelap dan kusam, salah satunya adalah dengan menggunakan produk kecantikan. Akan tetapi, pernahkah Anda bayangkan apa yang menyebabkan bibir menjadi berwarna gelap dan kusam? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat membuat bibir Anda berubah menjadi gelap dan kusam, sehingga Anda bisa menghentikan kebiasaan tersebut.

1. Merokok

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, merokok juga bisa menimbulkan masalah pada kesehatan kulit, khusunya pada bibir. Kebiasaan merokok yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat bibir Anda menjadi gelap dan kusam. Selain itu, merokok juga bisa berpengaruh pada kesehatan mulut dan menyebabkan gigi menjadi hitam dan keropos. Oleh sebab itu, kurangi atau hentikan kebiasaan merokok Anda.

2. Penggunaan Kosmetik

Sebagai wanita, kosmetik merupakan suatu kebutuhan pokok yang harus selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, penggunaan kosmetik seperti lipstik, dapat membuat bibir Anda menjadi gelap. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada di dalam kosmetik tersebut isa menyebabkan kerusakan pada kulit. Terlebih lagi jika Anda merasa malas membersihkan kosmetik yang masih menempel pada bibir Anda. Hal yang paling penting lainnya adalah jangan lupa memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada produk lipstik atau produk kecantikan bibir lainnya karena juga berpengaruh untuk kesehatan bibir Anda.

3. Mengonsumsi Kafein

Sama halnya dengan merokok, mengonsumsi kafein merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh hampir setiap orang, baik pria maupun wanita. Kafein yang dimaksud di sini adalah kopi. Kopi memang sangat nikmat, terlebih lagi jika mengonsumsinya di pagi hari. Sebab, banyak yang percaya bahwa menyeruput kopi di pagi hari dapat meningkatkan semangat dan bisa melakukan aktivitas tanpa merasa ngantuk. Akan tetapi, dampak buruk kopi bagi tubuh salah satunya adalah membuat bibir menjadi gelap dan kusam.