Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi setiap orang yang memiliki berat badan berlebih, tentunya akan sangat bahagia jika tiba-tiba berat badannya turun. Dengan turunnya berat badan, maka bentuk tubuh pun akan menjadi lebih ideal serta terlihat lebih menawan. Sebab, menurunkan berat badan tidaklah mudah, diperlukan berbagai macam cara untuk mendapatkannya.

Jangan Senang Dulu, Berat Badan yang Turun Drastis Bisa Pertanda Buruk!

Tentu saja hal itu membuat bahagia bagi seseorang yang menginginkannya. Tapi, tahukah Anda bahwa berat badan yang menurun secara drastis bisa dipicu karena gangguan kesehatan? Hal itu disampaikan oleh hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research, bahwasanya orang-orang yang mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, bisa diindikasi tengah menderita masalah kesehatan pada tulangnya.

Lebih jelas lagi, disebutkan bahwa menurunnya berat badan itu dikarenakan adanya tulang yang keropos. Sebab, ketika tulang mulai keropos, maka tulang akan mencari nutrisi lain sebagai penyangganya. Maka tak heran, jika tiba-tiba berat badan seseorang menjadi turun dalam kurun waktu cepat.

Dari para responden yang ikut serta dalam riset ini, lebih dari 40 persen positif mengalami keroposan pada tulang. Mereka yang mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba biasanya merasakan sebuah gejala yang tak menyenangkan, misalnya rasa nyeri serta lemas seakan tak bergairah. Parahnya lagi, jika hal tersebut tidak cepat ditangani, maka bisa menimbulkan perubahan pada struktur tulang. Jika hal itu sampai terjadi, maka Anda akan sangat sulit melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

Berat badan yang turun memang hal normal, namun jitu terjadi jika Anda melakukan serangkaian diet dan olahraga. Tapi, jika berat badan yang menurun tanpa sebab, Anda perlu mencurigainya. Jangan pernah terkecoh akan rasa bahagia karena berat badan yang turun, tapi tetap perhatikan kesehatan Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi