Benjolan di Belakang Telinga – Penyebab dan Cara Mengatasi

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

DokterSehat.Com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga.

Penyebab benjolan di belakang telinga

Pembengkakan kelenjar nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

Benjolan di belakang telinga – Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Benjolan di belakang telinga – Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga. Benjolan di belakang telinga yang disebabkan mastoiditis cenderung menyerang bayi dan balita.

Baca juga: Ngeri, Kecoa Terjebak 9 Hari di Telinga Wanita Ini

Benjolan di belakang telinga – Otitis Media

Otitis media atau infeksi telinga tengah disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi ini menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di belakang gendang telinga sehingga tampak benjolan di belakang telinga. Penyakit yang menimbulkan benjolan di belakang telinga ini cenderung menyerang anak-anak berusia 6 hingga 15 bulan.

Dokter akan menyarankan penggunaan obat anti inflamasi kemudian melihat apakah gejala berkurang. Bila gejala tidak kunjung hilang setelah 3 hari, antibiotik akan diberikan.

Benjolan di belakang telinga – Jerawat

Salah satu permasalahan pada kulit wajah masyarakat Indonesia adalah jerawat yang dengan mudahnya tumbuh. Fakta menemukan bahwa benjolan di belakang telinga dapat disebabkan oleh jerawat. Karena jerawat menyumbat kulit dengan minyak dan sel-sel kulit mati, juga terdapat bakteri yang menyebabkan peradangan sehingga tampak seperti benjolan di belakang telinga.

Cara mengataso benjolan di belakang telinga yang disebabkan oleh jerawat adalah Berkonsultasi dengan dokter kulit guna mengambil tindakan pengobatan dan jangan sesekali dengan sengaja mencoba memecahkan jerawat yang meradang karena akan berdampak pada kerusakan kulit.

Benjolan di belakang telinga – Lipoma

Lipoma merupakan kondisi benjolan di belakang telinga yang terjadi akibat tumpukan lemak kecil di antara lapisan kulit dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh selain telinga. Benjolan di belakang telinga ini memiliki tekstur lembut, cenderung menyerang orang-orang usia dewasa muda dan turun temurun. Akan tetapi, benjolan di belakang telinga ini dapat membengkak dan menekan syaraf.

Cara menyembuhkan benjolan di belakang telinga akibat lipoma adalah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut karena benjolan ini dapat menjadi tanda kanker liposarkoma.

Baca juga: Benjolan di Dalam Mulut, Waspada Penyakit Ini

Benjolan di belakang telinga – Peradangan Kelenjar Getah Bening

Pada bagian belakang telinga terdapat kelenjar getah bening yang akan bereaksi saat tubuh terserang penyakit. Fungsi dari kelenjar getah bening sendiri berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Peradangan kelenjar getah bening menyebabkan benjolan di belakang telinga.

Cara menyembuhkan benjolan di belakang telinga yang disebabkan oleh peradangan kelenjar getah bening adalah dengan sendirinya benjolan akan mengecil seiring kondisi tubuh yang membaik.

Pertanda penyakit serius

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.