Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bau mulut yang tidak sedap rupanya dapat mengindikasikan jika gigi atau mulut Anda sedang bermasalah. Namun, tidak jarang pula bau mulut disebabkan oleh sejumlah hal. Lantaran hal tersebut, bau mulut ternyata dapat diatasi dengan sejumlah cara tergantung dari penyebabnya. Namun, kebanyakan bau mulut justru disebabkan oleh beberapa hal sepele seperti berikut.

Penyebab Bau Mulut yang Kerap Tidak Disadari

1. Sisa Makanan

Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi ternyata dapat menjadi penyebab bau mulut. Dilansir dari laman Mayo Clinic, sisa makanan tersebut akan membusuk dan memicu munculnya bakteri yang mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Membiarkan Haus dalam Waktu Lama

Mungkin sebagian dari Anda kerap melakukan kebiasaan ini. Alih-alih menenggak beberapa gelas air, Anda justru membiarkan mulut terasa kering. Padahal hal tersebut justru membuat air liur tidak keluar yang menjadikan bakteri lebihcepat berkembang. Apalagi pada saat mulut kering, pH pada rongga mulut juga ikut berubah yang membuat bakteri lebih mudah berkembang.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Hal lain yang membuat mulut berbau tidak sedap adalah mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Dilansir dari laman Mayo Clinic, sejumlah obat ternyata dapat mengeringkan rongga mulut dan membawa bahan kimia yang memicu bau mulut.

Wah, siapa yang menyangka jika sejumlah hal kecil di atas rupanya juga menjadi pemicu bau mulut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan mulut. Tidak hanya itu saja, gunakan produk perawatan gigi yang tepat dan ampuh membersihkan bakteri secara optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi