DokterSehat.Com – Bad mood atau perubahan suasana hati dari seseorang bisa terjadi karena beberapa hal seperti kejadian yang sedih atau yang membuat marah. Selain kejadian ini, perubahan suasana hati atau mood seseorang bisa mengalami gangguan karena ada pemicu lain yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tertentu.

penyebab-bad-mood-doktersehat

Penyebab Bad Mood pada Seseorang

Nah, kalau Anda sering mengalami gangguan mood yang terjadi berulang-ulang, ada baiknya segera mengetahui penyebabnya. Bisa jadi, Anda mengalami masalah pada organ tertentu sehingga butuh segera diobati akan tidak menjadi parah. Berikut penyebab bad mood pada pria dan wanita.

  1. Memiliki Diabetes

Seseorang yang mengalami diabetes akan memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi di dalam tubuh. Kadar gula darah ini bisa menyebabkan gangguan pada tubuh seperti rasa sakit di sekujur tubuh, infeksi pada kemaluan khususnya wanita dan tingginya serotonin di dalam otak. Seseorang yang berada pada kondisi ini biasanya mudah sekali mengalami marah, panik, dan kebingungan.

  1. Ada Masalah pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang tidak bisa dikendalikan dengan mengalami hipertiroidisme bisa terjadi karena ada abnormalitas. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja meski secara umum lebih banyak menyerang wanita dan menyebabkan mereka mengalami kenaikan metabolisme dengan cukup masif.

Kenaikan metabolisme yang berlebihan ini juga menyebabkan gangguan pada suasana hati, Rasa cemas, marah, dan gelisah akan muncul dan menyebabkan gangguan yang cukup besar.

  1. Sindrom PMS pada Wanita

Sudah bukan  menjadi rahasia lagi kalau fluktuasi hormon yang terjadi pada wanita saat PMS menyebabkan gangguan pada suasana hati. Wanita akan mudah sekali marah atau malah sedih tanpa sebab yang jelas. Semua wanita akan mengalami hal ini dengan intensitas yang berbeda-beda.

  1. Ada Rasa Sakit Kronis di Tubuh

Seseorang yang mengalami rasa sakit yang cukup kronis bisa memiliki perubahan suasana hati yang sangat buruk. Tubuh yang tidak bisa menahan lagi rasa sakit yang terlalu sering muncul tidak bisa melakukan apa-apa kecuali melampiaskan rasa sakitnya dengan marah atau sedih secara berlebihan.

Seseorang dengan kondisi ini bisa diatasi dengan menyembuhkan sumber penyakitnya terlebih dahulu. Kalau sudah bisa sembuh, bad mood berlebihan bisa diatasi dengan mudah.

  1. Jarang Aktif dalam Bergerak

Seseorang yang cenderung pasif dan tidak mau bergerak akan sering mengalami perubahan suasana hati. Kondisi ini bisa muncul dengan sendirinya karena tubuh mengalami peredaran darah yang terhambat dan munculnya beberapa penyakit tertentu. Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya seperti jogging, jalan sehat, atau angkat beban.

  1. Mengalami Depresi atau Stres

Seseorang yang mengalami tekanan besar pada pekerjaan dan rumah tangga akan mudah sekali mengalami stres. Kondisi ini akan terjadi karena fluktuasi hormon akibat ketegangan yang terlalu besar. Seseorang yang depresi atau stres akut harus segera ditangani agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

  1. Kurang Paparan Sinar Matahari

Seseorang yang jarang terkena sinar matahari juga bisa mengalami perubahan mood yang signifikan. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang salah satunya tekanan atau depresi. Jadi, daripada pagi hari bermalas-malasan, lebih baik keluar rumah untuk menikmati sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00.

Cara Mengatasi Bad Mood Berlebihan

Bad mood yang berlebihan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, oleh karena itu kita harus berusaha mengatasinya sedini mungkin. Berikut beberapa cara mengatasi bad mood yang berlebihan.

  • Mengetahui penyebabnya. Setiap orang memiliki penyebab mengapa mereka mengalami bad mood. Ada kalanya mereka mengalami bad mood karena sakit kronis yang diderita atau masalah mental.
  • Menyelesaikan penyebabnya. Misal Anda mengalami stres yang berlebihan hampir setiap hari. Stres yang berlebihan ini memicu bad mood dan akan terus muncul setiap saat.
  • Pahami diri sendiri terkait apa yang terjadi. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri setiap harinya. Terkadang bad mood muncul karena kita terlalu keras dengan diri sendiri.
  • Bisa memilah dan memilih apa yang seharusnya dipikirkan dan apa yang seharusnya diabaikan saja. Kadang kita memikirkan banyak hal meski tidak perlu.

Demikianlah beberapa hal yang bisa memicu seseorang mengalami bad mood yang cukup parah. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda sehingga kehidupan sehari-hari bisa berjalan dengan lebih lancar dan tanpa gangguan. Kalau Anda merasa sering bad mood ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

 

 

Sumber:

  1. Lamberg, Erica. 2018. 8 Medical Reasons That Might Explain Why You’re Always in a Bad Mood. https://www.thehealthy.com/mental-health/medical-reasons-bad-mood/. (Diakses pada 09 November 2019)
  2. Miller, Anna Medaris. 2018. 7 Reasons You’re in a Bad Mood That Can Actually Be Serious. https://health.usnews.com/wellness/mind/slideshows/7-reasons-youre-in-a-bad-mood-that-can-actually-be-serious. (Diakses pada 09 November 2019)
  3. Lupo, Taylor. Moody? Cranky? 7 Odd Reasons Why. https://www.sharecare.com/health/mental-health/slideshow/surprising-reasons-youre-always-in-a-bad-mood. (Diakses pada 09 November 2019)
  4. Winch, Guy. 2014. 10 Ways to Escape a Bad Mood Fast. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-squeaky-wheel/201409/10-ways-escape-bad-mood-fast. (Diakses pada 09 November 2019)