Penyebab ASI di Salah Satu Payudara Sedikit dan Cara Mengatasinya

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

DokterSehat.Com– Payudara perempuan dirancang sedemikian rupa agar dapat menghasilkan ASI ketika masa menyusui. Namun ternyata ASI yang diproduksi satu sisi payudara dapat berbeda jumlahnya dari payudara yang lain. Apakah hal ini normal?

Penyebab produksi ASI berbeda di tiap payudara

Jika Anda merasa bahwa produksi ASI Anda berbeda di setiap payudara, jangan khawatir karena hal ini adalah hal yang normal. Dilansir dari laman Mom Junction, ada beberapa faktor yang menyebabkan produksi ASI kedua payudara berbeda, yaitu:

1. Pilihan anak
Salah satu penyebab produksi ASI berbeda adalah karena anak lebih suka menyusu di salah satu sisi payudara ibunya. Semakin sering digunakan untuk menyusu, maka produksi ASI pada payudara tersebut akan semakin meningkat. Sedangkan anak mungkin lebih suka menyusu di satu sisi payudara karena bentuk puting yang berbeda, dan sebagainya.

2. Anatomi payudara berbeda
Bentuk payudara seseorang memang tidak simetris, ukuran payudara kiri dan kanan pun tidak selalu sama. Begitu juga dengan jumlah kelenjar penghasil ASI di masing-masing payudara.

Tips bagi ibu yang produsi ASInya berbeda di tiap payudara

Bagi ibu yang memiliki produksi ASI berbeda di masing-masing payudaranya, ada beberapa cara agar tetap bisa menyusui dengan lancar, di antaranya:

1. Mulai dari payudara yang ASInya sedikit
Anda bisa mulai menyusui dari payudara yang produksi ASInya lebih sedikit untuk merangsang produksi ASI di sisi tersebut agar lebih banyak. Semakin sering payudara di sisi ini digunakan untuk menyusui, maka akan menghasilkan ASI lebih banyak.

2. Kompres hangat
Bantu merangsang produksi ASI dengan meletakkan kompres air hangat di payudara sebelum menyusui. Lakukan ini berkali-kali hingga produksi ASI meningkat.

3. Gunakan pompa ASI
Gunakan pompa ASI untuk sisi payudara yang produksi ASInya sedikit. Pompa ASI setelah mandi air hangat atau setelah makan untuk meningkatkan produksi ASI. Anda juga bisa menggunakan pompa ASI ketika si kecil asyik menyusu di payudara kesukaannya.

4. Banyak minum air putih
Banyak minum air putih juga dapat meningkatkan produksi ASI juga lho Bunda. Jadi selain meningkatkan asupan bergizi bagi si kecil, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup.