Sleep Apnea – Penyebab Apnea Tidur Sentral

doktersehat-obat-minum-pneumonia

Penyebab sleep apnea tergantung pada apakah masalah utamanya bersifat sentral atau obstruktif.

Penyebab Apnea Tidur Sentral

Sindroma apnea tidur sentral dapat dibagi menjadi dua kelompok; primer (tanpa penyebab yang mendasari) atau sekunder (sebagai konsekuensi dari kondisi lain). Secara umum, apnea tidur sentral berasal dari mekanisme regulasi abnormal di otak.

Beberapa penyebab umum apnea tidur sentral meliputi:

  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Obat tertentu
  • Beberapa kelainan bawaan
  • Berada di dataran tinggi

Bayi prematur juga berisiko terkena apnea tidur sentral.

Otak mengatur pernapasan dengan memantau kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Jika tingkat oksigen rendah atau tingkat karbon dioksida tinggi, otak memberi sinyal otot pernapasan untuk bernapas lebih cepat untuk membuang lebih banyak karbon dioksida dan menghirup lebih banyak oksigen. Di sisi lain, jika tingkat oksigen terlalu tinggi atau karbondioksida terlalu rendah, maka otak memperlambat pernapasan untuk memungkinkan keseimbangan tubuh yang lebih normal.

Pada apnea tidur sentral, mekanisme pengaturan ini terganggu di otak atau respons kadar oksigen dan karbon dioksida terganggu terhadap otak. Saat pernapasan berhenti atau melambat, tingkat oksigen turun secara signifikan lebih rendah dan tingkat karbon dioksida meningkat secara signifikan lebih tinggi daripada tingkat yang diperlukan untuk memicu pernapasan normal. Hal ini menyebabkan pernapasan berlebihan sementara untuk mengimbangi tingkat karbon dioksida yang lebih tinggi dan tingkat oksigen yang lebih rendah. Selanjutnya, pernafasan yang berlebihan dapat menyebabkan pengambilan oksigen yang berlebihan dan kekurangan karbon dioksida sehingga  memulai terjadinya apnea.

Sleep Apnea – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8