DokterSehat.Com – Urine yang keluar dari tubuh menunjukkan ada atau tidaknya gangguan yang muncul. Biasanya warna dari urine menunjukkan apakah seseorang sedang sakit atau sehat. Ketika sehat, urine akan memiliki warna bening meski cenderung memiliki warna agak kekuningan. Aroma juga tidak terlalu pekat, namun terkadang berbau. Apa penyebab air kencing bau?

penyebab-air-kencing-bau-doktersehat

Kalau urine yang Anda keluarkan dari tubuh mendadak memiliki aroma yang pekat dan kadang aneh, berari sedang ada masalah atau karena mengonsumsi sesuatu. Berikut beberapa penyebab mengapa air kencing atau urine memiliki bau tidak sedap yang pekat dan kadang aneh dan susah dijelaskan.

Penyebab air kencing bau Aneh

Urine yang keluar dari tubuh bisa memiliki aroma yang sanat aneh. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan urine atau air kencing bau:

  1. Mengalami dehidrasi yang parah

Penyebab utama dari munculnya aroma urine yang pekat dan tidak sedap adalah kondisi dehidrasi yang parah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, mau tidak mau cairan akan digunakan dalam jumlah banyak. Dampaknya urine menjadi lebih pekat karena kekurangan banyak cairan yang akan dibuang.

Urine menjadi pekat, sehingga warnanya akan menjadi lebih kuning dan aromanya semakin kuat. Kalau sudah pada kondisi ini Anda wajib segera minum dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kalau tubuh tidak juga mendapatkan cairan, kemungkinan besar akan ada kematian pada organ dan gangguan lainnya.

  1. Memiliki infeksi saluran kemih

Aroma yang tidak sedap bisa jadi merupakan tanda dari infeksi pada saluran kemih yang cukup parah. Infeksi ini menyebabkan bagian dalam dari penis mengalami luka akibat bakteri yang sudah dikendalikan. Luka ini akan menyebabkan urine yang keluar akan memiliki aroma yang tidak sedap.

Penyebab air kencing bau akan semakin tidak sedap kalau pria atau wanita mengonsumsi antibiotik. Urine menjadi bau busuk dan juga obat. Keduanya bercampur menjadi satu dan membuat toilet lebih bau dari biasanya.

  1. Mengonsumsi banyak kopi

Kopi yang terlalu banyak dikonsumsi juga bisa jadi penyebab air kencing bau. Batasi konsumsi kopi harian agar tidak banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi petai atau jengkol

Kalau Anda hobi sekali makan jengkol atau petai, urine akan otomatis memiliki aroma yang tidak sedap. Aroma ini akan bertahan selama 1-2 hari. Perbanyak minum air putih agar aroma busuknya segera hilang.

  1. Mengalami diabetes

Penyebab air kencing bau juga menandakan bahwa tubuh mengalami kondisi diabetes. Aroma ini biasanya disebabkan oleh banyaknya kandungan protein dan juga munculnya infeksi di sekitar saluran kemih akibat gula darah yang terlalu tinggi.

  1. Ada fistula dari usus ke kandung kemih

Fistula adalah rongga atau kebocoran antara dua organ yang sebenarnya terpisah. Kebocoran ini menyebabkan gangguan yang salah satunya adalah jadi penyebab air kencing bau. Kondisi ini muncul karena ada sambungan dari usus ke kandung kemih.

  1. Mengonsumsi sayuran tertentu

Kalau Anda suka dengan sayuran tertentu, aroma dari urine juga akan semakin pekat dan kadang busuk. Sayuran yang menyebabkan aroma ini adalah asparagus, brokoli, dan aneka kol yang biasanya dimakan dalam bentuk salad atau sup. Bawang putih juga menyebabkan aroma urine jadi lebih pelat dari sebelumnya.

Anda bisa mengatasi penyebab air kencing bau dengan mengonsumsi banyak air. Semakin banyak urine yang keluar, aroma yang keluar akan semakin menipis. Selain itu, Anda bisa mengganti sayuran ini dengan jenis lain asal manfaatnya sama.

Hal lain yang harus diperhatikan saat buang air kecil

Bukan hanya mengetahui penyebab air kencing bau. Ada hal lain yang harus diperhatikan oleh seorang pria dan wanita selain aroma dari urine itu sendiri. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan baik-baik:

  1. Adanya gelembung udara atau berbusa

Adanya gelembung pada urine bukanlah hal normal. Air seni tidak akan bergelembung terlalu banyak. Kalau Anda mengalaminya berarti di dalam urine ada banyak protein yang memicu aroma tidak sedap dan juga menjadi tanda dari kondisi kesehatan tertentu yang sebelumnya tidak Anda miliki.

Gelembung ini rentan muncul pada Anda yang memiliki kondisi diabetes dan cukup parah. Selanjutnya urine yang berbusa juga merupakan tanda dari adanya gangguan pada ginjal. Selalu cek kondisi ginjal Anda apakah ada gangguan atau tidak. Selanjutnya, tekanan darah yang terlalu tinggi juga memicu munculnya kondisi ini.

  1. Kekuatan semburan air

Khusus pada pria, perhatikan semburan air yang keluar dari uretra. Kalau organ dalam pria sehat, semburannya akan kuat dari awal hingga akhir. Kalau terjadi gangguan pada kekuatan semburan, berarti ada gangguan pada otot pelvis dan kemungkinan ada gangguan di kandung kemih dan juga prostat.

Kalau Anda mendapati semburan urine yang keluar dari penis rendah bahkan bercabang, berarti sedang ada masalah pada tubuh. Segera lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi masalah lain seperti impotensi dan ejakulasi dini.

  1. Warna dari urine

Warna dari urine juga menentukan kondisi kesehatan dari seseorang. Kalau warnanya terlalu kuning bisa jadi Anda sedang dehidrasi atau mengalami hepatitis. Kalau setelah minum banyak air warnanya memudah berarti cuma dehidrasi biasa dan tidak perlu dicemaskan.

Kalau urine keluar dengan warna agak kemerahan dan terasa sakit berarti sedang ada infeksi di dalam sana. Infeksi menyebabkan inflamasi dan perdarahan. Hal lain yang memicu kondisi ini adalah kanker pada prostat.

Selama ini pernahkah Anda memperhatikan urine yang keluar dari tubuh mulai dari warna, aroma, ada atau tidaknya busa, hingga kekuatan semburannya? Kalau belum, mulai hari ini Anda harus memperhatikannya agar tahu apakah tubuh mengalami gangguan atau tidak. Selain itu, jangan abaikan penyebab air kencing bau.