7 Penyakit Wanita yang Bisa Menyerang Pria

doktersehat penyakit wanita pada pria

DokterSehat.Com – Beberapa penyakit hanya menyerang jenis kelamin tertentu dan menyebabkan dampak yang cukup besar. Pada wanita, kita mengenal kanker serviks yang berbahaya dan bisa menyebabkan masalah serius pada wanita. Bahkan pemerintah sampai mengadakan pemeriksaan pap smears rutin agar tidak banyak wanita terkena.

Selanjutnya ada endometriosis dan juga PCOS yang hanya menyerang wanita dengan efek menurunkan kesuburan. Selain penyakit yang telah disebutkan sebelumnya ternyata ada penyakit lain yang khas wanita, tapi bisa menyerang pria dengan mudah. Bahkan efek yang ditimbulkan cukup besar. Berikut ulasan tentang penyakit tersebut selengkapnya.

  1. Kanker payudara

Kanker payudara banyak menyerang wanita karena jaringan dari payudara itu sendiri. Beberapa jaringan sudah mengandung sel yang bersifat kanker. Selanjutnya sel akan terpicu untuk tumbuh karena ada fluktuasi hormon di dalam tubuh sehingga peluang wanita mendapatkan kondisi ini besar.

Sementara itu pada pria, kemungkinan terkena penyakit ini adalah 1 persen saja. Meski kecil, risiko kanker akan besar kalau pria mengalami obesitas atau pernah punya riwayat kanker lain sebelumnya.

  1. Osteoporosis

Seiring dengan bertambahnya usia, satu dari tiga wanita akan mengalami pengeroposan tulang. Sementara itu satu dari lima pria juga mengalami hal yang sama. Pengeroposan ini terjadi karena ada penurunan kadar hormon seksual pada tubuh yang menjaga kepadatan tulang.

  1. Permasalahan tiroid

Permasalahan kelanjar tiroid seperti hipertiroid sering menyerang wanita, tapi pria juga bisa mengalaminya. Salah satu ciri paling umum dari kondisi ini adalah penurunan berat badan, susah gemuk, dan selalu capai. Sebaliknya kalau hipotiroid terjadi, pria akan mengalami sebaliknya seperti mudah gemuk dan otot lemah.

  1. Permasalahan makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia sebagian besar adalah wanita. Namun 10-15 persen dari jumlah itu adalah pria. Jadi masih ada kemungkinan pria mengalami kondisi anoreksia yang menyebabkan jantung bermasalah, tulang mengeropos, gagal organ, dan kematian ini.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih selama ini lebih banyak menyerang wanita. Hal ini bisa terjadi karena anatomi kemaluan wanita sedikit tidak menguntungkan. Area vulva atau organ seks eksternal terbuka lebar sehingga memudahkan bakteri menyebabkan infeksi kemih seperti E. coli masuk.

Pria juga bisa mengalami infeksi saluran kemih kalau tidak menjaga sanitasi. Selain itu kalau ada bakteri masuk ke penis akibat pria melakukan seks anal tanpa kondom, kemungkinan terjadi infeksi akan semakin besar dan bisa berdampak pada kesuburan dan kesehatan ginjal.

  1. Depresi

Wanita berisiko dua kali terkena depresi ketimbang pria. Namun, depresi pria terlihat jauh lebih parah pada wanita. Hal ini bisa terjadi karena tanda depresi pada pria tidak mudah terlihat. Pria selalu mengungkapkan perasaannya dengan hal-hal berbau kekerasan. Sementara itu wanita selalu menangis dan melakukan hal-hal yang mudah ditebak.

Karena pria tidak bisa ditangani sejak awal, kemungkinan menjadi parah cukup besar. Bahkan risiko melakukan bunuh diri juga tinggi.

  1. Lupus

Penyakit autoimun seperti lupus banyak menyerang wanita. Pria hanya kebagian 10 persen saja meski efek yang dirasakan tetaplah sama. Secara umum tanda lupus yang sering menimpa pria terdiri dari penurunan kemampuan otot, rambut rontok, sakit pada persendian, dan mudah sekali capai meski tidak melakukan aktivitas berat.

Salah satu tanda yang bisa terlihat jelas adalah munculnya noda merah di area wajah yang mirip dengan bentuk kupu-kupu.

Inilah tujuh penyakit wanita yang juga menyerang pria. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semuanya dan tetap waspada pada perubahan kesehatan.