Terbit: 9 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit paling berbahaya dan mudah sekali menular adalah penyakit menular seksual. Penyakit jenis ini mudah sekali menular dari kontak fisik seperti seks yang tidak menggunakan pengaman. Siapa saja yang melakukan seks secara bebas tanpa pengaman berisiko terkena aneka penyakit menular berbahaya yang bisa mengancam nyawa.

Waspadai 5 Penyakit Menular Seksual Paling Mematikan Ini

Dari berbagai penyakit menular seksual yang ada di luaran sana, ada beberapa yang dikenal cukup berisiko dan mengancam jiwa. Agar kita lebih waspada dengan kemungkinan penularannya, berikut Doktersehat sajikan beberapa penyakit menular seksual yang wajib diwaspadai.

  1. HIV/AIDS

Mengapa HIV disebut sebagai salah satu penyakit yang mematikan? Karena hingga saat ini belum ada obatnya. Siapa saja yang memiliki penyakit ini berisiko mengalami AIDS dan daya tahan tubuhnya anjlok. Kalau daya tahan tubuh rendah, kemungkinan terkena penyakit tertentu akan sangat besar, bahkan berujung kematian.

Meski mereka yang memiliki HIV positif bisa hidup dengan bantuan obat antiretroviral, kemungkinan sembuhnya tetap tidak ada. Oleh karena itu, siapa saja disarankan melakukan seks dengan aman khususnya yang tidak memiliki pasangan tetap. Dengan melakukan seks yang aman, kemungkinan terjadi penularan HIV tidak akan ada sama sekali.

  1. Hepatitis

Hepatitis B dan C adalah salah satu penyakit menular seksual yang cukup berbahaya. Bahkan, penyakit ini termasuk yang paling sering menyebabkan kematian. Kalau pria atau wanita tertular hepatitis, ada kemungkinan terjadi peradangan hati kronis sehingga fungsi akan menurun atau tidak bisa sama sekali.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Hepatitis memiliki gejala berupa demam tinggi, mual, urine berwarna kuning pekat, dan tubuh juga mulai kuning khususnya di mata. Pengecekan hepatitis harus dilakukan sejak dini karena penyakit ini hanya memberikan gejala ringan dan sering jadi silent killer. Pastikan melakukan seks yang aman dan terproteksi kalau tidak dengan pasangan resmi.

  1. Gonore

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit berbahaya yang bisa merusak sistem reproduksi pria dan wanita. Kalau sudah parah, cairan mirip nanah akan sering keluar dan menimbulkan rasa gatal dan panas yang cukup mengganggu. Selain itu, virus dari gonore ini juga bisa menyebar ke buah zakar hingga organ internal dari vagina.

Gonore sering tidak bertanda dan bergejala. Penyakit mendadak sudah parah sehingga penanganan yang serius harus segera dilakukan agar tidak mengancam nyawa.

  1. Sifilis

Sifilis juga sama dengan gonore yang tidak menimbulkan gejala atau gejalanya cukup ringan. Kondisi ini membuat pria dan wanita tidak sadar kalau di dalam tubuhnya sudah hidup virus berbahaya yang siap menyerang dan mengancam nyawa.

Salah satu tanda dari sifilis adalah munculnya benjolan pada kemaluan. Selain itu ruam dan gatal juga terjadi di telapak tangan, kaki, dan bagian tubuh sekitar kemaluan seperti selangkangan.

  1. Klamidia

Klamidia adalah penyakit seksual yang bisa terjadi pada pria dan juga wanita. Pada pria, penyakit ini bisa menyerang ujung penis dan menyebabkan infeksi yang cukup parah. Pria yang tidak sunat lebih berisiko mengalami kondisi ini meski semua pria juga bisa mengalaminya.

Pada wanita, klamidia awalnya tidak menunjukkan gejala. Gejala akan muncul kalau sudah parah dalam bentuk rasa nyeri saat buang air kecil serta muncul cairan mirip keputihan dari vagina. Penyakit ini cukup berbahaya untuk tubuh karena kalau sudah kronis bisa menyerang organ dalam di area vagina dan penis serta menurunkan kesuburan.

Inilah lima penyakit menular seksual yang bisa terjadi pada siapa saja dan sangat mematikan. Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit di atas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi