Waspada, Inilah 3 Jenis Penyakit yang Sering Muncul di Bulan Puasa

doktersehat pusing saat puasa

DokterSehat.Com– Ibadah puasa adalah sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi jasmani dan rohani setiap orang yang menjalankannya. Hal tersebut telah dibenarkan oleh beberapa pakar kesehatan, salah satunya seperti yang dilansir dari laman Cosmopolitan, yang mengatakan bahwa puasa dapat membakar lemak jahat pada tubuh serta meningkatkan fungsi otak.

Namun, ketika menjalani puasa, setiap orang harus beradaptasi terlebih dahulu dengan kebiasaan barunya yang tidak makan dan minum seharian. Dalam adaptasi tersebut, tidak sedikit pula yang mengalami gangguan kesehatan. Adapun beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul pada bulan puasa adalah sebagai berikut:

1. Sakit Kepala

Sakit kepala memang bisa terjadi kapan saja. Tapi, pada saat berpuasa, banyak orang yang pola tidurnya berubah sehingga membuat otak serta fisik menjadi tidak terlalu siap dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Dampaknya, sakit kepala akan sering muncul di siang atau sore hari. Untuk mengatasinya, usahakan untuk tidur lebih awal di malam hari sehingga pada saat sahur, Anda sudah segar akibat tidur yang cukup lama.

2. Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung memang sedikit repot dalam urusan makanan. Ketika perut terlalu kosong, maka gas akan meningkat dan menyebabkan nyeri. Namun, Anda tak perlu khawatir, biasanya asam lambung akan berlangsung pada awal puasa saja, seiring berjalannya waktu nanti tubuh Anda akan terbiasa. Namun, disarankan agar mengonsumsi makanan sehat dan sedikit gas pada saat sahur. Kalau diperlukan, Anda bisa mengonsumsi obat lambung untuk mengantisipasi agar tidak kambuh di siang hari.

3. Sakit Tenggorokan

Banyak juga yang mengalami sakit tenggorokan saat puasa. Hal tersebut bisa dikarenakan respon alami serta gangguan luar. Ketika tenggorokan tidak menelan makanan atau minuman, maka akan menciptakan sensasi haus, kering, dan sedikit rasa nyeri. Selain itu, gangguan luar juga mempengaruhi, misalnya terlalu banyak mengonsumsi minuman es saat berbuka puasa.