Mengenal POIS, Penyakit Aneh yang Muncul Setelah Pria Orgasme

doktersehat POIS

DokterSehat.Com – Hingga sekarang, orgasme masih kerap menjadi misteri banyak sekali peneliti. Ada banyak hal terkait dengan orgasme yang belum bisa dijelaskan dengan baik seperti munculnya perasaan tidak nyaman pada beberapa orang hingga membuat seseorang mengalami gatal di kemaluan hingga tangan akibat alergi dengan cairan mani yang mengandung sperma.

Hal lain yang disebabkan oleh orgasme yang diikuti dengan ejakulasi adalah pusing yang cukup kuat. Untuk permasalahan ini para peneliti bisa menjelaskan dengan baik. Pusing berasal dari tekanan yang ada di belakang leher. Selanjutnya orgasme bisa menyebabkan terjadinya flu pada pria atau sering disebut dengan POIS.

Mengenal POIS

POIS adalah singkatan dari post-orgasmic illness syndrome atau sindrom yang muncul setelah mendapatkan orgasme. Kondisi ini baru pertama kali diteliti pada tahun 2002 oleh Marcel D. Waldinger yang merupakan neuropsikiatri dari Universitas Drexel. Dari penelitian ini Marcel menemukan ada banyak gangguan pada pria yang terjadi pasca orgasme.

Setelah orgasme pria seharusnya mendapatkan rasa nyaman dan juga relaks. Bahkan beberapa pria bisa mendapatkan tidur dengan lebih nyenyak. Sayangnya, kondisi POIS ini tidak membuat pria jadi nyaman, tapi tidak nyaman selama beberapa menit atau jam hingga kondisinya membaik.

POIS awalnya sama dengan kondisi alergi dengan sperma yang membuat pria jadi gatal dan perasaan tidak nyaman. Namun, setelah diteliti, POIS tidak ada hubungannya dengan alergi. Kondisi ini murni berasal dari auto-imun pada tubuh yang menyebabkan banyak reaksi negatif pada tubuh.

Sistem imun menjadi overaktif setelah pria mengalami orgasme dan ejakulasi. Akibat sistem imun yang terlalu aktif ini tubuh membentuk mekanisme pertahanan diri yang memunculkan sakit yang gejalanya mirip sekali dengan flu.

Gejala POIS pada Pria

Kondisi POIS bisa muncul pada pria yang mengalami orgasme dan ejakulasi apa pun bentuknya. Pria yang melakukan masturbasi sekali pun bisa menemui kondisi POIS pada tubuhnya sehingga beberapa gejala di bawah ini bisa muncul dan menyebabkan banyak masalah.

  • Rasa capai yang terlalu besar sehingga pria susah melakukan apa pun. Ejakulasi memang memicu perasaan capai, tapi pria masih mampu berdiri dan melanjutkan aktivitas hariannya dengan baik.
  • Otot jadi menurun kekuatannya. Kondisi ini menyebabkan pria tidak mampu mengangkat benda terlalu berat atau saat sedang angkat beban, kekuatannya semakin menurun meski hanya sementara saja. Biasanya turunnya kekuatan otot berjalan maksimal 7 hari.
  • Demam dan sedikit menggigil.
  • Pria juga merasa tubuhnya seperti terkena udara dingin dan keluar keringat yang sangat banyak.
  • Mata sedikit pedih.
  • Gangguan suasana hati yang membuat dirinya jadi mudah marah atau senang dengan perubahan terlalu cepat.

Efek POIS pada Pria

Secara umum efek yang diberikan oleh POIS pada pria cukup besar karena melemahkan sebagian besar fungsi dari otot. Kondisi ini menyebabkan pria susah menjalani kehidupan sehari-harinya dengan lebih nyaman. Begitu melakukan seks dan mendapatkan orgasme, mereka tidak bisa memaksimalkan fungsi tubuh sehingga ada banyak hal yang akan terbengkalai.

Pria yang mengalami POIS ini tentu akan mengalami gangguan dalam hal seks. Gangguan ini tidak membuat pria kehilangan kemampuan seksualnya. Namun, ketakutan melakukan seks yang membuat mereka jadi sering sakit. Saat akan bercinta, pria akan banyak berpikir hingga akhirnya mereka enggan melakukannya lagi. Libido pria jadi anjlok dan masalah seks lanjutan akan muncul.

Demikian sedikit ulasan tentang penyakit POIS yang bisa terjadi pada pria dan dampak-dampaknya. Semoga ulasan di atas menambah referensi Anda tentang permasalahan seks pada pria.