Terbit: 12 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengkur ketika sedang tidur lelap? Mendengkur adalah sebuah hal yang wajar dialami oleh setiap orang, termasuk Anda. Mendengkur sendiri merupakan sebuah reaksi bergetarnya tenggorokan tanpa disadari. Kemudian, dari getaran tersebut akan menimbulkan suara yang cukup kuat dan berpola.

Sering Mendengkur? Jangan-Jangan Anda Alami Penyakit ini!

Banyak yang mengatakan bahwa mendengkur adalah sebuah reaksi alami yang dikeluarkan ketika tubuh dalam kondisi sangat lelah. Tahukah Anda bahwa hal tersebut tidaklah benar? Pasalnya, mendengkur sendiri terjadi ketika aliran udara pada hidung dan mulut terhambat.

Bisa disimpulkan bahwa mendengkur adalah sebuah isyarat bahwa tubuh sedang dalam keadaan tak sehat. Lebih jelasnya, berikut 3 penyebab mendengkur saat sedang tertidur pulas:

  • Sakit Lambung

Bila Anda sering mendengkur dan mengeluarkan suara yang cukup kuat, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, mendengkur juga bisa dikarenakan terjadinya kerusakan pada fungsi lambung.

Hal itu terjadi akibat penumpukan gas pada diafragma sehingga membuat pernapasan menjadi terganggu. Sehingga saat sedang tidur, Anda akan mengalami hambatan napas yang menyebabkan mendengkur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  • Aritmia

Tahukah Anda apa itu aritmia?

Aritmia adalah sebuah gangguan pada detak jantung seseorang yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya, penderita aritmia memiliki irama detak jantung yang tidak normal, kadang cepat, kadang lambat.

Kambuhnya aritmia sendiri bisa disebabkan oleh suhu, debu, ataupun faktor luar lainnya. Sampai saat ini, aritmia dianggap sebagai salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi mendengkur sepanjang malam.

  • Depresi

Tak hanya faktor pernapasan saja, pasalnya depresi juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sering mendengkur. Hal itu dikarenakan saat sedang depresi, aliran darah serta organ di dalam tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, hindari depresi sesegera mungkin. Pasalnya, depresi tak hanya menyebabkan mendengkur, tapi juga penyakit berbahaya tak terduga lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi