Terbit: 18 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Penyakit kronis yang muncul pada tubuh tidak memandang siapa yang akan diserang. Pria dan wanita sama-sama bisa mengalaminya dan risiko kematiannya juga tinggi. Yang membedakan pria dan wanita hanyalah bagaimana penyakit itu menyerang dan akhirnya menyebabkan permasalahan yang serius dan susah diatasi.

5 Penyakit Kronis yang Paling Sering Menyerang Pria dan Wanita

Dari berbagai jenis penyakit yang menyerang pria dan wanita ada beberapa yang sangat kronis dan berbahaya. Penyakit itu bisa menurunkan kemampuan fisik secara maksimal dan berpotensi menyebabkan seseorang kehilangan nyawa kalau tidak segera diobati. Berikut beberapa jenis penyakit kronis itu.

  1. Stroke

Stroke bisa terjadi pada pria dan wanita akibat gaya hidupnya yang buruk. Misal terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan sodium atau garam yang tinggi. Selain itu konsumsi makanan berlemak dan santan juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan berakhir pada pecahnya beberapa pembuluh di otak.

Selain karena masalah makanan, kondisi stroke juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti pil dan juga adanya kehamilan beberapa kali. Oleh karena itulah kasus stroke sering muncul pada wanita ketimbang pria.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis menyerang pria dan wanita saat mereka berada di usia lanjut. Tulang belakang mengalami pengeroposan sehingga mudah sekali patah. Seseorang yang mengalami osteoporosis bisa mengalami cedera saat jatuh atau sekadar mengangkat barang yang terlalu besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Risiko osteoporosis antara pria dan wanita cukup berbeda. Wanita lebih rentan terkena kondisi ini karena dua hal. Pertama adalah struktur tulang yang cenderung lebih kecil dari pria normal. Selanjutnya penurunan hormon pada tubuh juga memicu penurunan kadar kalsium di dalam tubuh sehingga kekurangan ini diambil dari tulang belakang perlahan-lahan.

  1. Diabetes

Salah satu penyebab diabetes yang paling sering muncul pada pria dan wanita adalah obesitas. Kondisi obesitas muncul karena pola makan yang diterapkan setiap harinya tidak baik. Pria dan wanita terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau karbohidrat sehingga tubuh semakin mudah menyimpan lemak.

Selain makanan, olahraga juga menjadi masalah. Tubuh yang terlalu pasif akan mudah mengalami kegemukan yang cukup besar. Terakhir, risiko yang muncul dari penggunaan kontrasepsi hormonal. Beberapa wanita mengalami kegemukan sehingga peluang mereka mengalami diabetes akan semakin besar.

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung bisa terjadi pada pria dan juga wanita. Penyakit ini ditandai dengan tidak stabilnya detak jantung selama periode tertentu dan nyeri di dada yang sangat kuat. Pada kasus ini pria lebih mudah mengalami serangan jantung ketimbang wanita meski mereka berdua sama-sama sehat.

Penyebab pria lebih rentan mengalami gangguan pada jantung adalah estrogen. Hormon seks ini lebih banyak ada pada wanita. Fungsinya tidak hanya untuk melancarkan menstruasi tapi juga melindungi jantung. Pada tubuh pria, estrogen tetap ada, tapi jumlahnya sangat terbatas.

  1. Kanker

Penyakit kronis selanjutnya yang paling sering menimpa pria dan wanita adalah kanker. Untuk penyakit ini pria dan wanita memiliki kanker yang spesifik menyerang organ seperti kanker serviks dan juga kanker prostat. Namun, ada satu kanker yang bisa menyerang keduanya,  kanker payudara dan kulit.

Pada kasus kanker payudara, wanita paling sering mengalaminya. Hal ini terjadi karena kanker dipicu oleh kadar estrogen di dalam tubuh.

Dari beberapa jenis penyakit kronis yang bisa terjadi pada pria dan wanita di atas, mana saja yang kira-kira sangat berbahaya dan bisa menyebabkan masalah yang cukup serius saat seorang pria dan wanita mulai menua?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi