Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Penyakit bisa menyerang tubuh kapan saja, baik saat sedang tidur maupun saat sedang melakukan aktivitas, salah satunya adalah ketika sedang berkendara. Berkendara dalam kurun waktu yang cukup lama akan membuat tubuh terasa lelah sehingga penyakit lainpun bermunculan.

Waspada, Inilah Jenis Penyakit yang Muncul Ketika Berkendara

Jika demikian, perjalanan akan terganggu dan bahkan mungkin bisa menimbulkan risiko berbahaya bagi keselamatan Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis penyakit yang sering datang ketika sedang berkendara, serta cara mudah untuk mengatasinya.

1. Sakit Kepala dan Pusing

Sakit kepala dan pusing mungkin umum terjadi bagi seseorang yang kurang istirahat atau bisa jadi karena pengaruh dari penyakit lain. Ketika sedang berkendara, kemungkinan besar Anda juga bisa merasakan sakit kepala dan pusing. Sebab, perjalanan yang memakan waktu cukup lama dan terkena sinar matahari langsung, tentu akan membuat kepala menjadi pusing. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memijat di daerah bahu, pertengahan antara tengkuk dan pangkal lengan secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa memijat punggung kaki, yakni pada cekungan antara pertemuan tulang telapak kaki dan ibu jari kaki. lakukan pijatan tersebut selama 30 hitungan hingga sakita kepala dan pusing yang Anda rasakan hilang.

2. Mual dan Muntah

Bagi Anda yang tidak bisa berkendara dengan mobil, Anda pasti akan mengalami mual dan muntah atau yang biasa disebut dengan mabuk kendaraan. Biasanya, Anda mencegahnya dengan mengonsumsi obat anti mabuk yang bisa dibeli di apotik. Namun, jika Anda lupa membawa persediaan obat-obata, Anda bisa mengatasi mual dan muntah dengan cara melakukan pemijatan di lokasi yang letaknya tiga jari di atas pertengahan pergelangan tangan bagian dalam.  Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemijatan yang terletak pada empat jari di bawah tempurung lutut di luar tulang kering.

3. Kram Otot Tungkai

Masalah kesehatan ini umumnya dialami oleh Anda yang mengendarai mobil pribadi. Hal ini dikarenakan terlalu lama menginjak kopling, gas, dan rem sehingga membuat kaki Anda terasa pegal. Cara mengatasi kram otot tungkai adalah dengan melakukan pijatan di daerah paha yang letaknya sejajar dengan ujung jari tengah pada posisi tubuh berdiri dan lengan menggantung di sisi paha.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi