Waspadai 5 Penyakit yang Menular Melalui Seks Oral

penyakit-dari-seks-oral-doktersehat

DokterSehat.Com – Seks oral selama ini selalu dianggap sebagai aktivitas seks yang paling aman. Dengan melakukan seks oral, pria atau wanita tidak khawatir dengan penularan penyakit seksual yang berbahaya. Mereka beranggapan kalau seks oral tidak akan membuat tubuh terkena bakteri, jamur, atau virus yang bisa menginfeksi.

Faktanya, semua aktivitas seks itu berisiko sebabkan gangguan pada tubuh. Risiko itu cukup tinggi karena banyak virus mudah menular dengan kontak tangan atau dengan kontak cairan kemaluan. Meski seks oral tidak mempertemukan dua kelamin, risikonya menularkan penyakit seks tetap tinggi. Berikut lima penyakit yang menular melalui seks oral.

  1. Gonore

Gonore mudah sekali menular melalui seks oral. Oleh karena itu, pasangan disarankan menggunakan kondom atau dental dam sebelum melakukan seks. Kalau mereka melalukan seks oral dengan polos, penularan akan berjalan dengan cepat dan beberapa organ tubuh bisa terdampak.

Salah satu tanda penularan gonore yang sangat jelas adalah rasa sakit di tenggorokan selama beberapa hari. Selanjutnya tubuh juga akan mengalami demam disertai rasa sakit di penis, vagina, atau rectum. Saat buang air kecil akan terasa panas dan tidak nyaman. Gonore yang segera diatasi biasanya tidak menimbulkan efek yang banyak, tapi kalau tidak segera diatasi bisa mengganggu sistem reproduksi.

  1. Klamidia

Klamidia adalah salah satu penyakit seks yang mudah sekali masuk ke dalam tubuh melalui berbagai aktivitas seks. Seks oral juga termasuk sebagai salah satu penyebab menularnya klamidia dari satu orang ke orang lain. Bakteri dari klamidia ini masuk ke dalam tubuh lalu menyebabkan masalah di beberapa organ tubuh.

Tenggorokan sering sekali terdampak klamidia. Selain itu kemaluan, saluran kemih, dan rectum juga bisa mengalami kondisi ini. Cara terbaik untuk mengatasi klamidia adalah dengan perawatan luar dan konsumsi antibiotik. Dengan konsumsi antibiotik sesuai resep dokter dalam waktu 1-2 minggu klamidia akan hilang dengan sendirinya.

  1. Infeksi HPV

HPV adalah virus yang mudah sekali menular melalui kontak fisik, tidak hanya seks oral saja. Infeksi ini menyebabkan area kemaluan dari pria atau wanita muncul kutil kemaluan dalam jumlah banyak. Kutil ini biasanya menyebar dari satu bagian ke bagian lain termasuk ke leher dan mulut.

Infeksi akibat HPV ini cukup susah diatasi atau dicegah meski susah menggunakan kondom. Pasalnya virus bisa hidup di kulit kemaluan dalam jangka waktu lama. Selain menyebabkan kutil kemaluan, beberapa jenis strain virus juga memicu kanker serviks dan juga penis.

  1. Herpes genitalis

Herpes sama halnya dengan HPV yang menular dari satu tubuh ke tubuh lain melalui virus. Virus herpes bisa menular melalui kontak langsung kulit dengan kulit. Selain itu ada kemungkinan virus menempel di pakaian dan menyebar saat dipegang. Saat seks, virus ini menyebar dengan berbagai cara termasuk seks oral.

Herpes genitalis tidak bisa disembuhkan. Setiap kambuh tubuh akan merasakan demam, nyeri, dan muncul bisul kecil-kecil di kemaluan. Meski demikian, virus bisa ditekan untuk tidak tumbuh dengan masif dengan mempertahankan daya tahan tubuh.

  1. Sifilis

Sifilis menular dengan cara yang sama seperti klamidia dan gonore. Namun, penyakit ini lebih ganas dan bisa menyerang banyak organ tubuh dengan cepat. Kalau infeksi tidak segera diatasi, infeksi akan terjadi atau menyebar ke otak, saraf, mata, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian.

Mengingat efek dari seks oral yang tidak aman cukup banyak dan berbahaya, mari lebih memperhatikan aktivitas seks. Walau hanya melakukan seks oral, tetap gunakan pengaman.