Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat melakukan arus balik sederet gangguan sering terjadi dan menyebabkan banyak sekali masalah. Gangguan yang sering terjadi saat arus balik adalah kondisi fisik yang menurun akibat penyakit tidak menular yang berbahaya dan bisa menyebabkan gangguan yang cukup serius pada tubuh.

Jenis Penyakit Tidak Menular dan Pencegahannya Saat Arus Balik

Agar perjalanan ke kota bisa berjalan dengan lebih lancar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, mengetahui jenis penyakit apa saja yang bisa muncul dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya agar perjalanan ke kota bisa berjalan dengan lebih aman dan nyaman.

Jenis penyakit tidak menular saat arus balik mudik

Ada cukup banyak penyakit tidak menular yang muncul saat perjalanan arus balik. Berikut beberapa penyakit yang wajib diwaspadai.

  1. Tekanan darah tinggi

Ada beberapa hal yang bisa memicu naiknya tekanan darah saat akan arus balik tiba. Pertama adalah dari pola makan yang dilakukan selama Lebaran. Kalau Anda terus makan sesuatu yang berlemak dan jarang makan sayur serta buah, kondisi ini bisa saja terjadi dengan cepat.

Selain karena makanan, kondisi ini juga bisa muncul karena masalah kebiasaan. Kalau Anda lebih sering begadang saat Lebaran dan jarang sekali beristirahat, kondisi naiknya tekanan darah akan tinggi dan menyebabkan gangguan yang cukup signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Kolesterol naik

Saat Lebaran akan banyak makanan berlemak dan bersantan. Dua makanan ini akan memicu naiknya kolesterol di dalam tubuh sehingga Anda akan mengalami capai-capai di sekitar tubuh dan tidak nyaman untuk beraktivitas.

Selanjutnya, banyaknya aneka daging, ikan, dan telur yang dikonsumsi juga menyumbang banyaknya kolesterol yang masuk ke dalam tubuh sehingga Anda akan susah melakukan perjalanan balik ke kota.

  1. Maag

Saat sedang Lebaran, kita sering makan sesuatu yang terlalu manis, asam, dan pedas. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan seperti sakit perut hingga maag yang terjadi karena asam lambung yang naik.

Selain maag, beberapa orang yang kondisi lambungnya sudah cukup parah biasanya mengalami GERD. Pada kondisi ini asam lambung akan naik hingga kerongkongan dan membuat area itu jadi panas.

  1. Penyakit yang kambuh

Beberapa orang khususnya yang sudah berusia lanjut bisanya memiliki penyakit yang sering kambuh. Penyakit ini kerap muncul lagi akibat pola makan atau kondisi arus balik yang panas dan penuh macet.

  1. Pusing dan masuk angin

Suasana arus balik yang tidak nyaman bisa membuat Anda mengalami pusing dan masuk angin. Kondisi ini akan semakin parah kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi dan menyetirnya sendiri.

Cara mengatasi dan mencegah penyakit tidak menular

Agar arus balik ke kota bisa berjalan dengan lebih lancar dan aman, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

  • Persiapkan fisik sebelum melakukan arus balik. Pastikan tidak dalam kondisi capai sehingga perjalanan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan aman.
  • Sebelum berangkat, jaga makanan yang masuk ke dalam mulut. Jangan makan sesuatu yang teralu ekstrem dan membuat lambung bergejolak.
  • Selalu bawa obat-obatan pribadi dan multivitamin agar kondisi tubuh tetap baik dan tidak mengalami sakit meski hanya ringan seperti pusing.
  • Pastikan membawa perbekalan yang cukup khususnya minuman. Saat arus balik, macet akan banyak terjadi sehingga Anda butuh banyak asupan air agar tidak pusing di perjalanan.
  • Sediakan minyak kayu putih, masker, dan baju ganti untuk menjaga sanitasi tubuh.

Semoga perjalanan arus balik yang Anda lakukan bisa berjalan dengan aman dan lancar, ya. Selanjutnya, selamat bekerja dan kembali ke kebiasaan baik setelah menikmati Lebaran.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi