5 Penyakit Kronis yang Ikut Muncul Karena Komplikasi Diabetes

DokterSehat.Com – Diabetes adalah penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja dengan usia berapa pun. Umumnya penderita diabetes memiliki kadar gula darah tinggi sehingga beberapa organ tubuh tidak bisa berjalan dengan maksimal. Pada wanita, diabetes bisa sebabkan infeksi vagina sementara pada pria sebabkan gangguan ereksi.

Nah, apakah gangguan yang disebabkan oleh diabetes berhenti di dua hal di atas? Jawabannya adalah tidak. Kalau kadar gula darah di dalam tubuh tidak bisa dikendalikan dengan maksimal, ada kemungkinan terjadi komplikasi. Beberapa komplikasi yang muncul bisa memicu penyakit lain yang sangat berbahaya. Berikut beberapa penyakit kronis yang ikut muncul akibat diabetes.

  1. Penyakit jantung

Tingginya gula darah di dalam pembuluh menyebabkan permukaan dari pembuluh darah mengalami plak atau pengendapan. Pengendapan ini terjadi perlahan-lahan dan menyebabkan gangguan aliran darah. Kalau pembuluh darah yang mengarah ke jantung semuanya mengalami kondisi ini penyakit jantung akan terjadi.

Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menekan darah dari dan ke jantung. Kerja keras inilah yang memicu gangguan pada detak jantung dan memengaruhi pasokan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Penyakit jantung yang muncul akibat diabetes juga bisa memicu terjadinya kematian.

  1. Gangguan pada pembuluh darah

Selain berurusan langsung dengan jantung yang menjadi pusat lalu-lintas peredaran darah, gangguan ini juga menyerang ke beberapa organ penting seperti otak. Banyaknya plak di pembuluh darah menyebabkan suplai darah dan oksigen ke otak mengalami gangguan. Penyempitan pembuluh darah akan memicu terjadinya stroke.

Jadi, gangguan pembuluh darah tidak hanya menyebabkan gangguan ereksi semata. Sebagian besar organ yang membutuhkan suplai darah dari tubuh akan mengalami gangguan sehingga penderita diabetes semakin kronis kondisinya.

  1. Gagal ginjal

Tugas dari ginjal adalah menyaring kotoran dari darah agar saat keluar darah menjadi bersih. Kalau gula yang masuk ke dalam ginjal mengalami kenaikan gula darah, ada kemungkinan ginjal mengalami kerusakan parah sehingga darah tidak akan bisa disaring dan memicu kondisi kronis yang lebih besar.

Kalau seseorang sudah mengalami gagal ginjal, mereka harus rutin mencuci darahnya. Kalau hal ini tidak dilakukan, ada kemungkinan tubuh dipenuhi racun dan komplikasi yang akut terjadi.

  1. Luka susah sembuh hingga amputasi

Tingkat keparahan penyakit diabetes khususnya jenis II berbeda-beda antar pasien. Kalau seseorang masih mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuhnya dengan baik, ada kemungkinan, luka yang terjadi pada tubuh mudah sembuh. Bahkan tidak ada gangguan sama sekali seperti layaknya orang non diabetes.

Selanjutnya kalau kadar gula darah di dalam tubuh tidak stabil dan cenderung tinggi, luka akan susah disembuhkan. Bahkan, luka akan terus membusuk dan menjalar ke banyak organ di sekitarnya. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi itu adalah dengan amputasi dan menghilangkan bagian yang dianggap berbahaya.

  1. Kebutaan

Seorang penderita diabetes yang sudah terlalu kronis biasanya mengalami gangguan pada pembuluh darah seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kerusakan itu tidak hanya terjadi pada pembuluh darah besar di organ yang sangat vital saja. Di mata pun pembuluh darah juga mengalami gangguan sehingga peluang kebutaan akan tinggi.

Pembuluh darah yang rusak di mata terjadi akibat gula di dalam darah yang tinggi. Kondisi ini memicu kondisi bernama glukoma atau penurunan kemampuan penglihatan pada seseorang hingga berujung pada kebutaan akibat rusaknya pembuluh darah mata.

Inilah lima jenis penyakit yang muncul akibat diabetes yang semakin kronis. Semoga bisa menambah referensi kita semua.